Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, February 26, 2015

Cara Jitu Membedakan Jenis Kelamin Cendet Trotol

Masih banyak cendet mania yang kesulitan dalam membedakan jenis kelamin burung waktu masih trotol, termasuk cendet ini. Ketidaktahuan ini membuat Anda menjadi bimbang ketika hendak memilih trotolan di pasar atau saat hunting ke desa-desa atau ke rumah-rumah. Sebab, Anda tidak bisa sepenuhnya mempercayai bakul begitu saja. Ya, seperti yang sering kita jumpai, banyak bakul yang kurang memelihara kejujurannya. Akibatnya, alih-alih mendapatkan trotolan yang prospek, malah bisa dapat cendet betina.


Sejauh ini, sudah banyak teori yang bisa dipakai untuk menentukan jenis kelamin cendet, terutama yang paling populer adalah tanda warna dan bentuk pada alis. Teori itu menyebutkan bahwa cendet jantan adalah cendet yang mempunyai alis yang tebal dan hitam pekat. 

Sedangkan cendet betina ditandai dengan bentuk warna alis yang tipis dan warna hitamnya pudar. Kenyataannya di lapangan tidak selalu begitu. Karenanya, teori ini tidak bisa sepenuhnya benar namun tidak sepenuhnya juga salah.

Di lapangan, banyak ditemukan bahwa alis cendet yang tipis apalagi dengan warna hitam yang pudar, ternyata ketika dewasa malah menjadi jantan. Untuk itu, teori ini tidak bisa dijadikan acuan utama untuk menentukan jenis kelamin cendet trotol. Namun demikian, kalau warna alis ini sebagai tanda full blangkon atau tidaknya kepala cendet di kemudian hari, ini mendekati kebenaran mutlak. 

Karena itu, warna alis sebenarnya lebih tepatnya sebagai tanda dari warna kepala ketika nanti dewasa, apakah akan menjadi kepala peles (sebutan untuk cendet dekan kepala yang hitamnya cuma sedikit di kepala bagian depan atau seperti bulan sabit), sembur, kepala hitam, atau gondrong. 

Alis yang hitam pekat dan menyambung sampai ke depan hidung menandakan burung ini kelak akan menjadi kepala gondrong. Sedangkan alis dengan warna pudar menandakan bahwa cendet ini kelak akan menjadi cendet peles.

Lalu bagaimanakah cara menentukan jenis kelamin cendet trotol? Cukup mudah. Bukalah kedua sayap cendet trotol Anda lalu lihat warna slip putih pada kedua sayapnya. Kalau slip putih tersebut berwarna putih terang, menandakan bahwa trotol cendet ini jantan. Sebaliknya, jika warna putih pada slipnya ternyata putih kusam, sudah pasti itu pertanda bahwa trotol cendet tersebut adalah betina.

Lihat video berikut

Cara Jitu Membedakan Jenis Kelamin Cendet Trotol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment