Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, February 16, 2015

Manfaat Terapi Pengembunan pada Burung Berkicau


Di beberapa media sosial, khususnya group Facebook, banyak sekali dibahas perihal pengembunan pada burung Anda. Di kalangan pemula, masalah ini adalah hal baru karenanya pengembunan dipandang sebagai tips perawatan burung yang unik. Karenanya pula, mereka umumnya merasa sangat perlu untuk melakukan pengembunan pada burung-burungnya tanpa perlu mengetahui apakah burung tersebut perlu atau tidak untuk diembunkan.

Pengembunan pada burung dapat dikategorikan dalam dua bagian, pengembunan di pagi hari dan pengembunan pada petang hari atau malam hari. Keduanya mempunyai indikasi dan manfaat yang berbeda. Berikut penjelasannya. 

Pengembunan pagi hari
Pada pengembunan pagi hari, waktunya bisa dimulai sekitar jam 5 hingga matahari terbit. Pastikan bahwa pengembunan dilakukan ketika cuaca cerah alias tidak sedang gerimis atau hujan. Adapun indikasinya, burung dapat dilakukan terapi ini apabila burung Anda mengalami masalah mental seperti drop, kurang gacor, tiba-tiba berhenti berkicau, kurang fighter, galak (terutama pada pentet), dan sebagainya. Dalam hal ini, pengembunan pagi akan membuat burung seperti berada pada suasana alam yang bebas dan liar sehingga burung merasa terpacu naluri alamnya untuk berkicau dan mengeluarkan fighternya. Selain itu, suasana pagi adalah saat di mana burung biasanya aktif berkicau di alam bebas untuk menunjukkan jati diri dan keberadaannya, serta menunjukkan wilayah teritorial yang dikuasainya. Inilah yang membuat pengembunan sangat berguna pada burung-burung yang bermasalah dengan mental dan birahinya. 

Pengembunan petang atau malam hari 
Pengembunan ini bisa dimulai ketika masuk malam hari (setelah waktu magrib) hingga jam sembilan malam. Caranya, Anda bisa memandikan burung Anda terlebih dahulu lalu diembunkan atau bisa langsung diembukan tanpa mandi. Indikasi burung yang membutuhkan pengembunan ini adalah burung-burung yang terlalu birahi alias OB (over birahi). Beberapa perilaku burung birahi misalnya pada pentet, burung menjadi nyerang tangan, mengejar orang yang lewat atau bahkan mungkin salto. Sedangkan pada kacer mungkin salah satunya ditunjukkan dengan cara membuang pakan vornya atau bahkan mungkin nguda laut atau mbagong. Jika burung Anda mengalami hal seperti ini, Anda dapat melakukan terapi embun ini. Terapi embun di malam hari akan membuat birahi burung Anda menjadi lebih stabil.

Sebagai catatan, pengembunan yang baik dilakukan di tempat terbuka sehingga burung benar-benar merasa berada di alam bebas. Namun jika rumah Anda kebetulan di pinggir jalan atau ada kekhawatiran burung Anda takut dicuri maling atau takut terkena serangan binatang buas seperti kucing dan tikus, tidak ada masalah jika pengembunan dilakukan di depan rumah, samping rumah, atau tempat-tempat lainnya sepanjang burung Anda tetap bisa merasakan suasana alam.

Manfaat Terapi Pengembunan pada Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment