Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, February 24, 2015

Masteran Suara Kuntilanak untuk Pentet, Cendet, atau Toet

Tren isian pentet ala Madura sepertinya menjadi kiblat yang tidak terbantahkan dalam fenomena cendet Indonesia dewasa ini. Meskipun tidak banyak yang memberikan analisis atas fenomena ini, keberadaan group-group pentet di media sosial seperti facebook telah memberikan kontribusi besar atas masalah ini. Buktinya, isian “kuntilanak” yang sejauh ini identik dengan pentet yang hanya dicetak di Madura atau pentet asal Madura, kini sudah banyak dipakai oleh pencetak-pencetak pentet Jawa Timur, utamanya bagian timur seperti Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dll.

(Gambar: adeshark.deviantart.com)

Pun daerah-daerah lain sudah banyak yang melirik tren isian Madura ini. Karenanya, isian “kuntilanak” tidak hanya dipakai di block timur namun telah merambah ke blok tengah dan barat. Tidak cuma cendet mania yang aktif di group facebook, pemain-pemain yang notabene hampir tidak menganal media sosial ini juga getol mencetak pentetnya supaya mempunyai isian kuntilanan. Karenanya, isian kuntilanak ini sudah bisa dibilang menjadi tren nasional yang banyak diminati oleh pentet mania. Hal ini disebabkan karena isian ini sangat unik.

Masteran kuntilanak ini bukan suara burung namun suara nonburung. Sepintas kalau didengarkan, masteran ini mirip dengan suara burung Tengkek Buto. Namun demikian, perbedaannya, pada kuntilanak terdapat semacam hentakan-hentakan yang membuat burung lain yang mendengarnya bisa “mogok bunyi”. Isian ini tembakannya naik turun sehingga membutuhkan tenaga yang ekstra bagi burung yang membawakannya. Namun demikian, ini sama sekali tidak membuat burung menjadi ngetem karena kehabisan tenaga dan napas. Bahkan pada burung-burung tertentu, isian kuntilanak ini bisa disambung dengan isian-isian lainnya.

Ada tiga versi suara isian kuntilanak ini. Silakan tekan di bawah ini….




Itulah masteran kuntilanak, sangat bagus untuk burung cendet sehingga di Madura dan Bondowoso materi ini sangat populer.

Salam kicaumania dan semoga bermanfaat...!!!

Masteran Suara Kuntilanak untuk Pentet, Cendet, atau Toet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

2 komentar:

Cici Arti said...

serem juga ya kalo bunyi malem - malem, hehe

leo sayoga said...

serem-serem sedap om heee

Post a Comment