Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, February 28, 2015

Mengatasi Miyik pada Cendet

Masalah pada burung cendet yang sering membuat cendet mania pusing tujuh keliling adalah miyik. Tidak jarang, sekalipun sudah umur, cendet mengalami miyik padahal mungkin rawatan yang digunakan oleh cendet mania tidak berubah. Jika cendet masih muda, apalagi masih trotol, miyik pada cendet adalah hal biasa. Namun jika burung tersebut sudah dewasa, ini adalah persoalan yang segera diselesaikan dengan baik.


Miyik pada cendet trotol atau cendet muda disebut sebagai hal biasa karena pada masa itu cendet masih berupa bayi atau anak seperti halnya pada manusia. Pada umur tersebut, seorang anak biasanya hanya bisa menangis untuk menyampaikan segala persoalannya, terutama untuk menyampaikan rasa lapar pada orang tuanya. Begitu juga pada cendet trotol, miyik adalah suatu ekspresi di mana cendet sebenarnya tengah merasa lapar. Karenanya, bisa dipastikan ketika cendet tersebut dikasih makan dengan kenyang, cendet trotol akan berhenti miyik. Dan ini adalah sesuatu yang normal dan alamiah. Selain itu, miyik pada cendet trotol juga bisa disebabkan karena faktor perawatan yang salah, misalnya memberikan jangkrik dengan tangan langsung atau memanjakannya. 

 
Berbeda dengan cendet dewasa, miyik pada cendet dewasa menunjukkan beberapa kondisi. Miyik bisa pertanda bahwa burung tersebut sedang mau masuk masa mabung atau baru selesai mabung. Dan ini juga sangat lumrah dan alamiah. Namun jika miyik pada cendet dewasa yang bukan karena faktor di atas, kemungkinan cendet Anda sedang bermasalah.

Cendet dewasa yang mengalami miyik yang tidak disebabkan karena faktor mabung harus diwaspadai karena ini bisa berkenaan dengan mental dan masalah asupan harian. Bisa dicurigai kemungkinan burung Anda sedang kalah mental atau dalam kondisi stres. Penyebab lainnya adalah kemungkinan burung cendet Anda kekurangan asupan protein.

Lalu bagaimana cara mengatasi miyik pada cendet? Beda penyebab, beda pula penanganannya. Untuk itu, simak beberapa tips berikut.


  • Jika miyik pada cendet trotol disebabkan karena faktor usia yang masih muda, jangan sampai Anda terlambat dalam memberikan makan. Sebab jika pentet trotol Anda merasa lapar sedikit saja, ia mudah miyik.
  • Jika miyik pada trotol cendet Anda disebabkan karena faktor perawatan yang salah, jangan pernah memanjakannya apalagi sampai memberikan EF melalui tangan langsung. Selain itu, ful kerodong burung Anda selama beberapa hari.
  • Jika miyik pada cendet disebabkan karena mau mabung atau baru saja habis mabung, biarkan saja. Sebab memang ada beberapa burung yang mempunyai begitu. Ini alamiah dan jangan pernah Anda merasa stres karena kondisi ini.
  • Jika miyik karena masalah mental, asingkan terlebih dahulu burung Anda dari burung sejenis. Karantinalah selama beberapa waktu.
  • Jika miyik pada burung dewasa Anda karena faktor kekurangan protein, penuhi asupannya. Berikan voer yang tinggi protein dan berikan pula EF lebih banyak daripada biasanya.
Untuk memastikan penyebabnya, Anda sendirilah sebenarnya yang lebih tahu sebab Anda adalah majikan dari burung Anda yang setiap waktu selalu berinteraksi dengannya. Jika Anda masih kurang dalam memahaminya, amatilah tiap waktu untuk mendapatkan diagnosis yang benar agar upaya yang akan Anda lakukan tidak keliru dalam mengatasi burung tersebut.

Mengatasi Miyik pada Cendet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment