Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, February 25, 2015

Membuat Resep Alami untuk Kesehatan dan Stamina Burung Pemakan Serangga

Apakah cuaca di lingkungan tempat tinggal Anda sedang buruk? Mungkin saja sedang terjadi cuaca ekstrem atau hujan terjadi terus menerus? Jika iya, seharusnyalah Anda memberikan perawatan ekstra pada burung-burung kesayangan Anda. Jika tidak, dikhawatirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk bisa saja terjadi. Burung Anda bisa saja tiba-tiba berhenti berkicau atau ngedrop, fighternya hilang, dan bahkan kemungkinan terburuknya adalah terserang tetelo yang bisa mengakibatkan kematian pada burung Anda.


Sebenarnya, burung harus mendapatkan sinar matahari setiap hari. Kebutuhan pada sinar matahari pada burung sama halnya dengan kebutuhannya terhadap mandi. Kedua hal inilah kunci rawatan burung berkicau. Sinar matahari dan mandi yang cukup tidak hanya akan membuat burung Anda lebih rajin berkicau namun burung juga akan lebih sehat. Namun pada musim hujan, cuaca menjadi tidak menentu sehingga kerap kali burung tidak mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Bahkan ekstremnya, kadang kala hujan turun berhari-hari, membuat burung tidak mendapatkan sinar matahari sama sekali.


Lalu bagaimana caranya supaya burung Anda tetap dalam kondisi fit dan prima serta tidak ngedrop sehingga bisa tetap lantang berkicau atau bahkan selalu maksimal kerja di lapangan? Sejauh ini sudah banyak obat-obatan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Namun tentu saja obat-obatan ini tidak baik jika diberikan dalam jangka waktu lama. Obat-obatan tersebut bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan burung. Hal ini karena pada umumnya obat-obatan yang beredar di pasaran banyak mengandung zat-zat yang dapat membahayakan kesehatan burung jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. 

Untuk itu, di sini akan dibahas sebuah resep yang bisa Anda berikan pada burung untuk menjaga kesehatan dan stamina saat musim hujan. Resep ini dapat Anda berikan pada burung pemakan serangga seperti kacer, cendet, murai, dan burung-burung pemakan serangga lainnya. Dan karena ini resep herbal, tentu saja bahan-bahannya adalah berasal dari alam. Bahan tersebut adalah daun ginseng, kunyit, dan jahe. Ketiga bahan ini sudah mafhum khasiatnya bagi manusia sebagai obat tradisional yang mampu menjaga stamina dan menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan untuk ginseng sendiri, khasiatnya sudah mendunia sehingga hal ini melambungkan harganya. Lalu apa bisa bahan ini diberikan pada burung? Tentu saja bisa. Dengan takaran-takaran tertentu, bahan-bahan ini terbukti mampu membuat burung lebih sehat, lincah, dan selalu siap untuk bertarung.

Burung-burung pemakan serangga adalah burung yang hanya bisa memakan serangga. Mereka tidak mungkin bisa memakan daun ginseng, kunyit, dan jahe. Lalu bagaimana cara pemberiannya? Caranya adalah dengan memberikan satu helai daun ginseng ke dalam wadah jangkrik. Untuk kunyit dan jahe, diiris atau dibelah dua, lalu berikan pada jangkrik bersamaan dengan daun ginseng. Jangkrik akan memakan bahan-bahan tersebut dan biarkan hingga habis. Pada hari pertama pemberian jangkrik yang sudah makan bahan-bahan ini, kemungkinan besar burung Anda tidak akan langsung doyan. Biarkan saja, karena jika burung Anda merasa lapar yang sangat, jangkrik tersebut tetap akan dimakan. 

Sebenarnya, resep ini tidak hanya cocok diberikan untuk burung pada musim hujan saja namun dalam segala kondisi. Karenanya, resep ini tidak hanya dianjurkan diberikan saat musim hujan namun kapanpun, utamanya pada burung-burung lomba.

Selamat mencoba!!!

Membuat Resep Alami untuk Kesehatan dan Stamina Burung Pemakan Serangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

kicau senja said...

Pengganti serangga hidup sebagai ekstra fooding burung berkicau. Praktis,lebih higienis, telah teruji kandungan nutrisinya dan terbukti di sukai burung berkicau

Klik link di bawah ini untuk detailnya
Pengganti serangga hidup sebagai ekstra fooding burung berkicau

Post a Comment