Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, February 25, 2015

Suara Masteran Gabusan atau Gabus Kaca untuk Pentet, Cendet, atau Toet

Masteran untuk cendet di Madura memang sangat berbeda dengan masteran-masteran pakem yang berkembang di daerah lain. Jika orang umumnya menggunakan suara burung, di Madura banyak masteran non-burung, salah satunya ialah yang disebut sebagai gabusan atau gabus kaca ini. Meski non-burung, masteran ini terdengar sangat indah jika dibawakan oleh burung cendet, karena mempunyai cengkok-cengkok yang mengalun dan mengalir deras.

(Gambar: indonetwork.co.id)

Masteran gabusan atau gabus kaca ini adalah suara hasil pergesekan gabus dan kaca yang digesekkan secara berulang. Gesekan ini dimulai dengan tempo yang pelan, sedang, hingga cepat. Karenanya, suara masteran ini dimulai dengan nada pelan yang terus meninggi, pelan lagi, dan terus meninggi, yang dibawakan secara nembak. Karenanya, ini bisa disebut sebagai isian tembakan yang bagus karena nyeped sekali. 

Jika didengarkan sepintas, masteran ini mirip suara burung love bird. Namun sebenarnya, suara masteran gabusan ini berbeda dengan suara burung love bird karena mempunyai cangkok-cengkok yang lebih mengalun dan halus. Intinya, suara masteran gabusan ini sangat unik dan karenanya perlu Anda miliki supaya burung cendet Anda mempunyai isian yang berbeda dengan centet lainnya. Hal ini tidak bisa dipungkiri dapat memberikan kesan dan perhatian tersendiri bagi juri di arena lomba. Pun jika misalnya cendet Anda hanya burung rumahan, dengan isian gabusan ini, tentu saja isian ini bisa mendongkrak harga penjualannya.

Nah, penasaran? Silakan klik di bawah ini.

Suara Masteran Gabusan atau Gabus Kaca

Suara Masteran Gabusan atau Gabus Kaca untuk Pentet, Cendet, atau Toet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment