Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, March 21, 2015

Cara Jitu Mengatasi Cendet/Pentet/Toet Galak

Di samping miyik dan salto, ada persoalan lain yang kerap kali menguras pikiran dan tenaga, ialah galak. Sesuai karakter dasarnya yang predator, cendet memang sangat berpotensi tidak hanya galak pada burung lain atau pun burung sejenis lainnya namun juga bisa galak pada orang. Cendet galak biasanya menyerang sehingga kadang kala sampai membuat goresan-goresan kecil pada tangan dan lengan Anda. Bagaimana tidak, saat Anda hendak mengganti air atau voer serta memberikan jangkrik ke dalam cepuk, pasti burung ini akan langsung menghajar tangan atau lengan Anda. Bahkan bisa saja bekas totolannya ini sampai menimbulkan luka dan berdarah.

Cendet galak hendak menerkam
Galak pada cendet sebenarnya merupakan salah satu unsur seni paling penting dalam memelihara cendet, sehingga ada anggapan bahwa bukan cendet jika tidak galak. Namun demikian, tidak semua cendet bisa galak. Ada beberapa cendet yang bahkan lulut dan bersahabat sehingga saat dielus pun cendet seperti ini tetap bunyi dan tidak menyerang tangan.

Cendet galak biasanya cenderung akan mengejar setiap orang yang lewat di dekatnya. Begitu juga saat difoto atau diambil gambar, cendet galak biasanya juga akan langsung menyerang sehingga cenderung tidak bisa difoto. Hal ini berbeda halnya dengan cendet yang tidak galak, hendak dipotret dari sisi mana pun tetap akan diam sehingga cenderung fotogenic.

Cendet galak bisa disebabkan karena dua kondisi, bisa karena memang karakter atau bawaan dan bisa juga karena terlalu birahi yang disebabkan karena pemberian EF yang berlebihan.

Cendet galak karena karakter/bawaan
Pertama-tama cendet galak biasanya karena karakter atau bawaan. Sedari lepas trotol, cendet seperti ini biasanya sudah menunjukkan gejala galak sehingga ketika Anda hendak mencoba menggodanya dengan cara dikudang, cendet tersebut akan langsung bereaksi dengan menabrak sangkar dan mengejar tangan Anda. Semakin bertambah usia cendet ini, maka akan semakin tinggi tingkat kegalakannya.

Cendet galak karena over birahi
Selain karena karakter, cendet galak juga biasanya terjadi karena terlalu banyak asupan EF (terutama kroto atau ulat hongkong). Jenis EF tersebut adalah yang paling tinggi kandungan proteinnya sehingga jika diberikan dengan cara berlebihan bisa membuat suhu badan atau tubuh cendet menjadi naik tak terkendali. Naiknya suhu tubuh ini juga membuat birahi cendet ikut naik. Kondisi inilah yang menyebabkan cendet menjadi galak. Galak pada cendet yang sedang over birahi menjadi satu-satunya pelampiasan untuk menyalurkan birahi tersebut.

Cara mengatasi cendet galak
Cendet galak yang disebabkan karena karakter harus ditangani dengan baik. Penanganan ini bukan dimaksudkan supaya cendet tersebut tidak galak sama sekali namun hanya sebagai suatu usaha untuk mengurangi tingkat galaknya. Sebab, jika sampai galak pada cendet hilang, dikhawatirkan sifat fighternya juga ikut hilang. Hal ini jangan sampai terjadi. Mengapa demikian? Tidak bisa dipungkiri, galak pada cendet berkaitan erat dengan tingkat emosi. Emosi ini sangat dibutuhkan oleh cendet sebagai burung petarung untuk bisa bertarung ketika berhadapan dengan musuh. Karenanya, penanganan di sini memang dimaksudkan sebagai cara untuk meminimalisir galak pada cendet. Namun demikian, untuk cendet yang galak karena pemberian EF yang berlebihan harus disembuhkan dengan totoal. Kondisi cendet ini harus dikembalikan pada kondisi asal sebab dikhawatirkan nanti ketika digantang di lapangan tidak bisa bekerja dengan baik karena terlalu over birahi.

1#Kembalikan setingan EF pada takaran semula
Khusus burung galak yang disebabkan karena pemberian EF yang berlebihan, setelan EF dapat dikembalikan pada setelan semula. Atau jika Anda kurang paham setelan sebelumnya, cukup turunkan pemberian takaran EF.

2# Kurangi durasi jemur
Jemur sifatnya sama dengan EF, ialah panas. Dengan mengurangi durasi jemur, kemungkinan birahi cendet Anda juga akan menurun seiring bertambahnya waktu. Namun cara ini tentu saja membutuhkan waktu yang relatif lama karena tidak instan.

3# Pengembunan
Pengembunan sangat efektif untuk mengurangi cendet galak sebab pada dasarnya pengembunan dapat menyetabilkan birahi burung. Dengan melakukan pengembunan secara rutin, tingkat birahi cendet akan menjadi lebih stabil sehingga tidak hanya galak yang bisa berkurang namun cendet juga bisa lebih rajin berbunyi dan tampil maksimal di lapangan. Pun sebagaimana poin di atas, cara ini juga membutuhkan waktu yang relatif lama namun terhitung lebih baik karena turunnya birahi terjadi secara alami.
Atur mandi untuk mengatasi cendet galak
4# Mandi malam
Mandi malam juga sangat efektif untuk mengurangi cendet yang super galak. Caranya adalah mandikan burung tersebut pada malam hari. Waktu yang direkomendasikan adalah mulai habis Maghrib sampai sebelum jam 12 malam. Setelah burung dimandikan, setelah air dikira sudah tidak menetes lagi, langsung burung dikerodong dan masukkan ke dalam rumah. Lakukan mandi malam ini sampai galak pada cendet Anda berkurang.

5# Mandi lebih sering
Mengatasi cendet yang galak juga bisa dilakukan dengan cara menambah mandi. Jika misalnya setelan mandi cendet Anda sekali dalam sehari, coba tambah mandinya menjadi dua atau tiga kali. Mandi lebih sering ini dapat menurunkan birahi cendet karena mandi sifatnya dingin. Karenanya, dengan menambah mandikan pada cendet yang galak, birahinya secara otomatis akan turun.

6# Tambah air mandi lebih banyak
Selain teknik menambah mandi, Anda juga bisa mengatasi cendet galak ini dengan cara menambah air madinya. Jika misalnya biasanya Anda hanya memandikan cendet dengan 1 liter saja atau bahkan mungkin kurang, Anda bisa menambahnya menjadi dua atau tiga liter air. Dengan teknik mandi seperti ini, kemungkinan besar cendet Anda akan menggigil kedinginan sehingga birahinya pun bisa turun. Namun demikian, teknik mandi seperti ini tidak disarankan dilakukan lebih dari satu kali dalam sehari untuk menghindari drop pada cendet. Pun teknik mandi seperti ini juga tidak disarankan dilakukan pada malam hari untuk menghindari cendet mati kedinginan.

Selamat mencoba….!!!




Cara Jitu Mengatasi Cendet/Pentet/Toet Galak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment