Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, March 7, 2015

Cara Jitu Mengatasi Kacer Mbagong


Kacer yang mbagong, bagi sebagian orang sangat sangat penting karena burung ini biasanya adalah burung bagus, terutama saat dilombakan. Namun dengan catatan, mbagong tersebut hanya terjadi di rumah atau di luar gantangan alias ketika di gantang di lapangan, mbagongnya tidak keluar. Kacer mbagong biasanya ditandai dengan kicauannya yang sangat rajin di rumah yang disertai dengan mengeluarkan isian-isian bagusnya. Sedangkan kacer yang tidak mbagong, umumnya di rumah hanya ngeplong saja.

Kacer mbagong adalah alamiah sebab ini merupakan karakter bawaan/dasar dari kacer tersebut. Mbagong pada kacer seperti halnya salto pada cendet. Karenanya, tidak ada kacer yang tidak pernah mbagong sekalipun ia adalah kacer jawara. Namun demikian, ada beberapa kacer yang memang nyaris tidak pernah mbagong dan bahkan ada pula yang memang mempunyai tingkat mbagong yang sangat aktif sehingga disetel seperti apapun tetap mbagong. Bahkan tragisnya lagi, mbagong ini bisa ngunci alias mbagong permanen dan ini sulit untuk disembuhkan. Kasus mbagong seperti ini biasanya disebabkan karena banyak hal, terutama kalah mental yang tidak pernah diatasi dengan yang baik.

Kacer mbagong disebabkan banyak hal. Karenanya, berikut ini akan disajikan beberapa cara mengatasi kacer mbagong tersebut berdasarkan penyebabnya.

Mbagong karena pemberian EF yang berlebihan
Kacer mbagong bisa disebabkan karena pemberian ekstra fooding (EF) yang berlebihan sehingga kacer menjadi kelebihan birahi atau yang lebih populer disebut Over Birahi (OB). Untuk memastikan, perlu diingat, berapa jangkrik (JK) yang Anda berikan setiap hari. Jika misalnya Anda memberi JK 7/7 pagi/sore kemungkinan memang kacer Anda mengalami birahi yang ekstrem sehingga mbagong. Karenanya, turunkan pemberian EF, misalnya menjadi 5/5 pagi dan sore. Lakukan ini selama kurang lebih dua minggu. Setelah itu, baru Anda bisa mencobanya kembali ke lapangan. Jika masih mbagong, kemungkinan pengurangan terhadap EF masih diperlukan dan karenanya lakukan ini sampai setelannya ketemu. Di sini Anda juga disarankan untuk memberikan ulat bambu untuk membantu menurunkan OB kacer tersebut. Selain itu, dianjurkan pula untuk mengembunkan kacer tersebut saat mulai petang sampai kurang lebih jam 9 malam.

Mbagong karena kondisi tidak fit
Mbagong pada kacer juga bisa disebabkan karena faktor burung yang kurang fit. Untuk memastikan kondisi tersebut, lihatlah kotorannya. Kacer tidak fit juga bisa dilihat dari fesesnya yang berair dan bahkan putih (berak kapur). Jika memang karena kondisi ini, segera cari tahu penyebab diare pada kacer Anda supaya bisa diatasi dengan segera. Selain masalah kesehatan, kacer mbagong juga bisa disebabkan karena stres. Karenanya, ketahui masalah kesehatan mental Anda sebelum Anda melakukan terapi terhadapnya.

Mbagong karena pergantian sangkar atau pangkringan
Kacer juga bisa mbagong ketika diganti sangkar atau posisi pangkringan diubah. Ini mungkin karena kacer tersebut merasa tidak nyaman dengan kondisi barunya. Karenanya, jika kacer Anda yang sebelumnya tidak mbagong tapi setelah diganti sangkar atau posisi pangkringannya diubah, kacer Anda tiba-tiba mbagong, hanya ada satu hal yang harus Anda lakukan. Anda harus mengembalikan burung pada sangkar semula atau mengubah posisi pangkringan ke posisi semula.

Mbagong karena kurang mandi atau dipaksa mandi
Kacer juga bisa mbagong kalau pemiliknya kurang memperhatikan masalah mandinya. Misalnya, kacer sudah menunjukkan gejala ingin mandi namun Anda belum mempunyai kesempatan untuk memandikannya, atau malah enggan memandikannya. Ini bisa membuat kacer merasa tidak nyaman dengan kondisi badannya sehingga akibatnya, jika burung Anda dibiarkan cukup lama dalam kondisi seperti ini, lama-lama bisa mbagong. Tidak hanya itu, burung yang dipaksa mandi juga merasa tidak nyaman sehingga berpotensi menyebabkannya menjadi mbagong. Untuk itu, jagalah mandi burung Anda sehingga mandi menjadi kebiasaan rutin baginya. Tapi demikian, jangan paksa jika burung Anda tidak mau mandi. Mandikan saja sesuai dengan kemauannya. Cara untuk mengetahui mau mandinya kapan adalah dengan cara mencoba memasukkannya ke dalam keramba saat pagi, siang dan bahkan mungkin sore atau malam. Jika burung Anda hanya akan mau mandi pagi atau sore saja, berarti sudah bisa dipastikan bahwa kacer Anda hanya mau mandi sore. Hal ini bisa Anda terapkan sebagai jam mandi rutinnya.

Kacer mbagong memang sangat mengganggu penampilannya di lapangan. Sebagus apapun kacer tersebut namun saat digantang di lapangan tampil dalam kondisi mbagong, alamat kacer Anda tidak akan mendapatkan poin dari juri. Karenanya, meminimalisir mbagong pada kacer sangat perlu, setidaknya ketika di lapangan. Sebab, kacer yang mbagong kerap kali menular pada lawan-lawannya di lapangan. Inilah sebabnya mengapa kacer yang mbagong kerap kali membuat pemiliknya menjadi malu di lapangan. Dengan beberapa metode di atas, diharapkan mbagong kacer Anda bisa berkurang sehingga bisa tampil stabil dan maksimal.

Cara Jitu Mengatasi Kacer Mbagong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

Belajar Search Engine said...

makasih gan infonya. sangat bermanfaat sekali buat saya. kunjungi balik ya gan cara menghilangkan membuat
.

Post a Comment