Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, March 8, 2015

Cara Memilih Pleci Ombyokan Prospek

Pleci adalah burung mungil yang sangat cerdas dalam menirukan suara burung lain. Dengan hanya mendengar suara burung lain dalam beberapa hari saja, pleci bisa dengan mudah menirukan suara burung lain tersebut. Karenanya, banyak pleci mania yang menaruh minat yang tinggi pada burung kecil ini. Sekalipun beberapa tahun belakangan ini sempat anjlok dan sepi di gantangan padahal burung ini baru saja mengalami booming, pleci mania sejati tetap setia memelihara burung ini. Buktinya, saat artikel ini dibuat, pleci sudah kembali ramai di gantangan. Harga ombyokan perekornya pun sudah kembali membaik, tidak seperti harga satu atau dua tahun terakhir.

Memilih pleci yang prospek, utamanya dalam kandang ombyokan, memang susah-susah gampang. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara jitu dalam memilih pleci ombyokan agar pleci yang Anda pilih bisa menjadi pleci berprestasi di kemudian hari.


Pilih pleci berjenis kelamin jantan
Untuk mendapatkan pleci yang mempunyai kicau yang baik, pilihlah pleci jantan. Pleci jantan ditandai dengan banyak ciri seperti postur tubuh yang lebih panjang, kepala lebih besar, dengan ekor yang juga lebih panjang yang berbentuk huruf “V’. Pleci jantan juga bisa dikenali dengan warna bulunya yang kontras/tajam dan bersih, pennya lebih panjang dan ditumbuhi bulu, klep pada matanya lebih tebal dan putih bersih, serta bentuk matanya lebih besar sampai terlihat menonjol ke luar. Pleci jantan juga mempunyai nada “cal” yang lebih keras daripada betina dan mempunyai gerakan yang lebih lincah dan responsif.

Pilih pleci yang masih muda
Di antara pleci yang ada di sangkar ombyokan, pilihlah pleci yang masih muda. Hal ini disebabkan karena pleci yang masih muda masih bisa dengan mudah Anda master dengan suara-suara yang Anda inginkan. Selain itu, pleci yang masih muda juga tingkat stresnya lebih rendah sehingga lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan juga lebih cepat gacor. Pleci yang masih muda juga karakternya akan lebih mudah dibentuk.

Pilih pleci dengan katuranggan bagus
Beberapa kriteria katuranggan pleci yang prospek harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut.

  1. Postur pleci harus proporsional, di mana antara panjang badan dengan kaki, leher, serta ekor harus serasi.
  2. Pilih pleci dengan kaki yang jenjang/panjang/jingkring dan mencengkeram kuat. Tidak lupa pula perhatikan jari-jarinya, pilih jari yang panjang. Ini menandakan pleci ini mempunyai gaya tempur yang baik di atas tenggeran.
  3. Pilih pleci dengan kepala besar, berbentuk kotak, dengan dahi menonjol ke depan. Ini menandakan bahwa pleci ini mempunyai mental tempur yang baik.
  4. Pleci bermental bagus juga ditandai dengan mata yang besar dan melotot
  5. Untuk mendapatkan power yang bagus, pilihlah pleci yang mempunyai paruh tebal, besar, dengan pangkal yang lebar. Tidak lupa pula, pilih pleci dengan paruh yang panjang dan lurus.
  6. Pleci prospek juga ditandai dengan leher yang padat dan panjang dengan dada yang bidang.
  7. Pilih pleci dengan ekor panjang dan rapi namun dan mempunyai gerakan yang sangat lincah
  8. Bulu pleci berwarna kering, rapi dan mengkilap (lebih kontras).


Cara Memilih Pleci Ombyokan Prospek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment