Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, March 24, 2015

Cara Perawatan Kacer yang Baik dan Efektif



Kacer adalah burung eksotis dan mempunyai gaya tarung khas dan unik. Ketika bertarung, burung ini bisa berjoget dengan cantik dengan memainkan ekornya yang seperti kipas. Pada kacer-kacer tertentu, gaya buka ekor ini bisa disertai dengan gaya buka sayap yang semakin mempercantik show burung ini. Didukung pembawaan lagu yang roll patah-patah, membuat burung ini tampil tambah memukau.

Sejak dulu, kacer termasuk salah satu burung favorit. Terbukti, burung ini tetap eksis sampai sekarang. Dan burung ini dipelihara tidak hanya sebagai burung rumahan namun juga sebagai burung lomba. Burung ini hampir di semua block ramai dilombakan baik dalam latber, latpres, lebih-lebih event regional dan bahkan nasional.

Bagi sebagian orang, kacer adalah burung yang menyimpan banyak misteri. Hal ini disebabkan karena perawatan burung ini tidak semudah yang dibayangkan. Tidak sedikit dari mereka yang gagal menampilkannya di lapangan. Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas teknik perawatan kacer yang kebanyakan digunakan oleh beberapa pemain ataupun joki kacer. Namun demikian, teori perawatan yang akan disampaikan di sini tidak memberikan jaminan kacer Anda bisa bagus sebab hal ini tetap harus dikembalikan lagi pada pemahaman Anda tentang kacer yang Anda pelihara. Selain itu, karakter setiap kacer juga berbeda sehingga sejitu apapun tips yang Anda dapatkan belum tentu bisa efektif jika dipraktikkan pada kacer Anda. Karenanya, tips di sini hanya disajikan sebagai tambahan referensi saja buat Anda.
  • Perawatan harian dimulai dari pengembunan. Di sini, Anda bisa memulai pengembunan ini mulai dari jam 5 pagi. Hal ini bertujuan agar burung selalu tenang dan menekan emosi yangg seringkali menyebabkan mbagong, mbadesi atau nguda laut. Pengembunan ini dilakukan hinggga jam 6.
  • Setelah itu, Anda bisa memberikan jangkrik 5 ekor (atau sesuai kebutuhan) yang sudah dihilangkan kepala serta kakinya.
  • Burung bisa dijemur mulai jam 6-9
  • Jam 9 kacer dientas lalu dari jemuran, lalu diangin-anginkan terlebih dahulu sebelum kemudian mandikan dengan cara dikeramba. Usahakan kacer mandi sampai benar-benar puas. Jika mandi sudah selesai, masukkan kembali kacer ke dalam kurungan harian lalu angin-anginkan sampai kering. Setelah itu, kerodong dan masukkan ke dalam rumah sambil dimaster baik menggunakan MP3 atau burung master asli.
  • Jam 3 buka kerodong, angin-anginkan sebentar (kurang lebih antara 5—15 menit). 
  • Setelah itu, burung boleh dijemur di bawah matahari sore sambil diberikan 1-2 jangkrik (sesuai dengan kebutuhan).
  • Setelah itu, kacer diambil dan diangin-anginkan lalu dimasukkan ke dalam rumah dan baru dibuka kembali esok harinya

Cara Perawatan Kacer yang Baik dan Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment