Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, March 25, 2015

Suara Kolibri untuk Masteran Cendet, Pentet, atau Toet

Kolibri adalah burung kecil yang mempunyai lagu ngerol yang sangat indah. Burung mungil ini juga bisa membawakan lagu atau suara burung lain sehingga tampak lebih variatif. Karenanya, di samping Sogok Ontong, Kolibri juga menjadi burung master yang sangat favorit, terutama untuk Kacer, Murai Batu, Cucak Hijau, Cendet dan lain sebagainya.

Gambar: gudangburung.com
 
Di Madura, Kolibri juga menjadi masteran favorit untuk cendet. Namun demikian, umumnya cendet mania Madura tidak memakai burung Kolibri asli dalam memaster cendet mereka namun menggunakan Mp3. Secara otomatis, mereka menggunakan suara hasil rekaman dari burung Kolibri ini. Mp3 yang dipakai pun hanya diambil angkatannya saja alias bukan bunyi Kolibri utuh. Angkatan Kolibri ini disusun atau diedit sedemikian rupa dengan cara diulang untuk mendapatkan lagu tembakan yang rapat. Padahal aslinya, Kolibri dalam membawakan lagu secara ngerol.

Ternyata, kuara Kolibri dengan gaya seperti ini tidak hanya diminati oleh cendet mania Madura saja namun juga oleh hampir cendet mania di pulau Jawa. Terbukti dari banyaknya cendet mania yang menggunakan masteran ini untuk memaster cendet-cendetnya sekalipun bukan cendet Madura. Hal ini sangat erat kaitannya dengan munculnya group-group burung di facebook, utamanya Cendet Madura Mania. Melalui group-group seperti ini mereka bisa bertukar informasi, mulai dari perawatan cendet hingga masteran-masteran khas Madura.

Untuk itu, di bawah ini adalah suara Kolibri dimaksud yang dapat Anda manfaatkan untuk memaster cendet Anda. Hal ini bertujuan supaya cendet mempunyai isian yang lebih lengkap dan variatif. Silahkan klik suaranya di bawah ini. 

Suara masteran kolibri

Salam kicaumia dan semoga bermanfaat....!!!

Suara Kolibri untuk Masteran Cendet, Pentet, atau Toet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment