Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, March 26, 2015

Tips Memilih Parkit Ombyokan untuk Masteran


Parkit adalah burung yang sangat populer di manca negara. Di Indonesia, burung paruh bengkok ini pun juga sempat menjadi burung peliharaan favorit namun belakangan ini hanya dijadikan burung master. Hal ini disebabkan karena burung ini mempunyai suara khas yang kasar sehingga sangat bagus jika masuk ke burung lain, utamanya burung cendet yang umumnya mengutamakan isian kasar.

Parkit ini cocok dijadikan master untuk hampir semua burung kicauan, seperti Cendet, Murai Batu, Kacer, Cucak Jenggot, Love Bird, Cucak Hijau, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkannya pun, sangat mudah karena burung ini sudah banyak yang menangkarkannya. Pun harganya di pasaran sangat murah, apalagi sejak setahun terakhir ini. Harga Parkit hanya dibandrol 50-60 ribu perpasang. Namun tentu saja harganya akan berbeda jika burung ini sudah gacor atau mempunyai keterampilan tertentu.

Kebanyakan parkit di pasaran dijual dalam kandang ombyokan. Karenanya, Anda harus bisa memilih parkit dengan baik agar mempunyai kicauan yang bagus alias gacor sehingga bagus untuk dijadikan burung master. Beberapa tipsnya ialah sebagai berikut.


Pilih parkit jantan atau betina
Banyak kicau mania yang merekomendasikan bahwa untuk mendapatkan suara crecetan parkit yang bagus, pilihlah parkit yang berjenis kelamin betina. Ini tentu saja tidak salah sebab betina biasanya memang mempunyai kualitas bunyi atau suara yang sangat bagus dan lebih cerewet. Namun demikian, suara parkit jantan tentu saja juga tidak kalah bagusnya sepanjang burung tersebut sama-sama sehat dan gacor.

Pilih parkit yang sehat dan lincah
Parkit yang bagus adalah parkit yang sehat yang salah satunya dicirikan dengan kondisi fases. Burung parkit yang sehat fasesnya kecil, padat, dan tidak berair. Selain itu, parkit sehat juga bulu pada kloanya bersih alias tidak terdapat kotoran atau bekas fases. Burung parkit sehat juga mempunyai bulu yang lengkap, rapi, dan singset alias bulunya tidak mengembang. Pilih pula burung yang mempunyai perilaku aktif di antara parkit lainnya. Ini menandakan parkit tersebut memang betul-betul sehat.

Pilih parkit yang tidak cacat
Parkit yang tidak cacat termasuk burung yang potensial menjadi burung master yang bagus. Karenanya, pastikan Anda tidak memilih parkit yang cacat. Pilih pula parkit yang mulus dan indah baik dari katuranggan maupun warnanya.

Pilih parkit yang bermental bagus
Parkit yang bermental bagus dimungkinkan burung ini nanti akan lebih rajin berbunyi. Untuk mendeteksinya, Anda bisa mendekatkan telunjuk Anda ke kandang sambil perhatikan parkit mana yang memberikan respon pada tangan Anda dan perhatikan pula tatapan matanya. Burung parkit yang mempunyai mental yang bagus biasanya akan langsung merespons tangan Anda dengan tatapan mata yang tajam.

Cari yang paling sering mengeluarkan suara crecetan
Dengan memilih burung yang selalu mengeluarkan crecetan saat dalam sangkar ombyokan dimungkinkan burung tersebut mempunyai kelebihan pada bunyinya. Burung ini biasanya akan lebih rajin daripada burung lainnya. Karenanya, perhatikan dengan saksama, sampai Anda benar-benar menemukan parkit yang sering mengeluarkan suara crecetan, terutama yang dibawakan dengan panjang.

Itulah beberapa tips memilih parkit yang bagus untuk masteran, semoga bisa membantu dan bermanfaat.


Tips Memilih Parkit Ombyokan untuk Masteran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment