Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, March 10, 2015

Tips Rawatan Agar Cendet atau Pentet Cepat Gacor


Ketika berpindah tangan, hampir semua burung sering kali mengalami perubahan dalam kicauannya sekalipun Anda menerapkan rawatan lama. Hal ini disebabkan karena tangan Anda dan tangan pemilik sebelumnya tidak sama. Begitu juga dengan cendet, barang kali ketika Anda beli, burung tersebut rajin berbunyi namun setelah sampai di rumah, kadang kala jadi melempem. Ini sangat lumrah karena burung tersebut memang sedang adaptasi dengan lingkungan, juga dengan rawatan Anda. Karenanya, rawatlah cendet Anda dengan baik, niscaya lambat laun cendet Anda akan gacor dengan sendirinya.

Selain itu, cender juga akan mengalami penurunan kegacorannya adalah burung yang mungkin memang selama ini kurang gacor, entah karena alasan stres maupun memang kurang mendapatkan perawatan yang baik. Mengatasi burung seperti ini tentu saja memerlukan keterampilan tersendiri untuk mendapatkan kondisi top performnya. Dan bagi Anda yang belum mengetahui cara mengatasi burung seperti ini, tentu saja akan pusing dibuatnya. Karenanya, di sini akan diuraikan bagaimana metode perawatan cendet yang baik agar cepat gacor sehingga tidak memusingkan Anda.

Berikan kroto
Kroto adalah jenis EF yang paling banyak mengandung protein sehingga sangat cocok jika Anda diberikan pada cendet Anda. Dalam kondisi normal, idelanya pemberian kroto adalah dua hari sekali. Namun jika cendet Anda dalam kondisi kurang gacor, berikan kroto lebih sering, misalnya dua hari sekali. Adapun mengenai takaran kroto, jika cendet Anda belum terbiasa, berikan satu sendok teh saja. Namun yang pasti, takaran pemberian kroto idealnya harus disesuaikan dengan kondisi burung Anda.

Jumlah jangkrik
Tidak ada yang baku mengenai jumlah jangkrik yang ideal untuk cendet. Karenanya, sebagaimana pemberian kroto, pemberian jangkrik juga harus disesuaikan dengan kebutuhan cendet Anda. Jika cendet Anda misalnya kurang gacor, kemungkinan cendet Anda membutuhkan lebih banyak jangkrik. Untuk itu, berikan jangkrik sepuasnya dan berapa pun jumlah jangkrik yang dimakan biarkan saja. Sebab, jika cendet Anda sudah mulai gacor, cendet Anda akan berkurang dengan sendirinya dalam memakan jangkrik. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi suhu birahi di mana cendet semakin panas dan mendekati puncak birahi, maka tubuhnya tidak kuat untuk mengonsumsi jangkrik lebih banyak karena jangkrik ini sifatnya panas.

Masalah mandi
Burung cendet yang kurang gacor semestinya tidak boleh dimandikan setiap hari sebab ini menunjukkan bahwa burung tersebut kurang panas (kurang birahi). Karenanya, jika cendet dimandikan terus setiap hari, maka birahinya akan semakin menurun sehingga cendet Anda bisa-bisa menjadi bisu sama sekali dan ngedrop. Sedangkan pada cendet yang kurang gacor dan tidak dimandikan setiap hari, secara otomatis birahi cendet tersebut akan naik. Ini terjadi secara alamiah. Oleh karena itu, jika burung Anda memang kurang gacor, aturlah mandinya supaya tidak terlalu sering. Misalnya, cukup dua atau tiga hari sekali.

Lakukan rawatan rutin setiap hari
Memberikan rawatan rutin dan teratur setiap hari adalah hal yang mesti Anda lakukan setiap hari sebab inilah kunci utama perawatan cendet. Dengan perawatan rutin dan teratur setiap hari, cendet Anda akan merasa lebih nyaman. Kondisi inilah yang membuat cendet menjadi lebih rajin berbunyi. Adapun rawatan harian yang mesti Anda lakukan pada burung Anda ialah seperti berikut.

  1. Pagi hari, burung Anda harus sudah dikeluarkan dan diangin-anginkan di teras rumah. Setelah kurang lebih setengah jam, burung bisa dimandikan.
  2. Ganti air minum, cek pakan, lalu berikan jangkrik
  3. Setelah bulu cendet sudah hampir kering, jemurlah cendet kurang lebih 2 jam saja (tergantung cuaca)
  4. Angin-anginkan kembali cendet Anda selama kurang lebih 30 menit lalu berikan kroto dan gantilah air minumnya
  5. Selanjutnya, kerodong cendet Anda lalu masukkan ke dalam rumah
  6. Sore hari sekitar jam 3 atau 4, keluarkan kembali cendet Anda untuk diberikan jangkrik lagi.
  7. Setelah itu, kerodong lagi dan masukkan ke dalam rumah kembali.
Dengan menerapkan pola perawatan seperti ini, kemungkinan besar cendet Anda akan gacor lebih cepat daripada seharusnya. Karenanya, lakukan perawatan ini dengan rutin atau konsisten untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tips Rawatan Agar Cendet atau Pentet Cepat Gacor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

kicau senja said...

Pengganti kroto untuk perawatan pentet. Praktis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya.

Klik link dibawah ini untuk detailnya
Pengganti kroto untuk perawatan pentet

Post a Comment