Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 27, 2015

Cara Melatih Kolibri dan Sogok Ontong Makan Kroto

Burung Kolibri maupun Sogok Ontong merupakan burung pemakan nektar yang sangat populer sebagai burung master. Hal ini disebabkan karena kedua burung ini mempunyai suara atau lagu yang sangat indah sehingga hampir semua burung berkicau cocok dimaster dengan burung mungil ini. Karenanya, banyak kicau mania yang membeli burung ini dalam kondisi jadi namun harganya sangat tinggi. Bagi mereka yang kurang tidak mempunyai dana cukup, mereka kebanyakan membeli burung Kolibri atau Sogok Ontong ini muda hutan dalam kandang ombyokan.


Kegacoran burung Kolibri maupun Sogok Ontong sangat bergantung pada kroto. Kedua burung ini tidak cukup jika hanya mengandalkan air gula atau susu maupun madu. Sebagus apapun kedua burung ini tanpa asupan kroto tidak akan bisa rajin berbunyi, padahal sebenarnya kroto ini bukanlah makanan Kolibri maupun Sogok Ontong di alam atau habitatnya. Namun demikian, untuk mendapatkan burung ini dalam kondisi bagus sehingga layak untuk dijadikan masteran, kedua burung ini dilatih makan kroto. Alhasil, Kolibri dan Sogok Ontong tidak hanya menjadi lebih lincah namun juga menjadi sangat gacor.

Pertanyaannya, bagaimana cara melatih Kolibri maupun Sogok Ontong makan kroto? Terorinya sangat mudah dan bahkan bisa dilakukan dengan waktu yang sangat singkat. Cara melatihnya pun cukup singkat, mungkin saja lebih sulit melatih burung lain makan voer. Simak tipsnya berikut ini.

  • Pertama-tama buatlah air gula
  • Ambil cepuk kecil lalu tambahkan air gula sedikit saja, kira-kita ¼ cepuk saja
  • Taburkan kroto secukupnya. Sebagian kroto bisa dihaluskan dalam cepuk dan sebagian lainnya biarkan saja mengambang.
  • Berikan pada Kolibri maupun Sogok Ontong
  • Setelah 2—3 hari, sediakan kroto dalam wadah tersendiri.
  • Ulangi hingga Kolibri maupun Sogok Ontong bisa makan kroto dengan baik. Namun biasanya setelah 2 hari berikutnya, Kolibri maupun Sogok Ontong sudah bisa makan kroto dengan baik.

Setelah Anda memberikan oplosan di atas, tunggu selama beberapa jam. Amati kotorannya apakah sudah terdapat kotoran yang berasal dari kroto apa belum. Kotoran berasal dari kroto ini ditandai dengan kondisi feses burung yang tidak hanya air namun ada campuran hitam kental di tengahnya.

Selamat mencoba

Cara Melatih Kolibri dan Sogok Ontong Makan Kroto Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

balakrama law said...

artikel yang bermanfaat...
salam hormat,

Kantor Hukum Balakrama Solusi atas segala permasalahan hukum anda !

Kantor Hukum Balakrama
JL Kijang 1 No 12A SEMARANG
www.balakrama.blogspot.com
Email:balakrama6999@gmail.com
HP/WhatsApp/Line :0813 9080 6999

Post a Comment