Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, April 15, 2015

Ciri-ciri Cendet Madura: Membedakan Cendet Madura dengan Cendet lainnya

Cendet Madura sejauh ini dikenal sebagai cendet yang mempunyai kualitas super dibandingkan dengan cendet-cendet daerah lain. Karenanya, banyak pemain-pemain besar yang selalu membidik cendet Madura daripada cendet daerah lain. Bahkan sebagian mereka ada yang hunting langsung ke Madura karena cendet Madura memang dikenal sebagai cendet yang layak diburu. Hal ini tentu saja bukan isapan jempol belaka, beberapa cendet Madura sering kali merajai berbagai lomba baik event lokal maupun nasional.

Uraian di atas tidak ada tendensi dikotomi, sebab tidak bisa dinafikan bahwa cendet-cendet dari daerah lain juga banyak yang moncer dan merajai berbagai lomba besar. Hanya saja, cendet Madura memang mempunyai karakter tersendiri yang sama sekali berbeda dari cendet dari daerah lain. Dan inilah yang sebenarnya menjadi nilai plus dari cendet Madura yang sekaligus menjadi sisi positif yang menonjol sehingga mengundang banyak pemain meminatinya.

Gamblangnya, jika Anda hunting cendet ke Madura, Anda akan lebih mudah mendapatkan burung yang prospek daripada Anda hunting ke daerah lain. Hal ini karena cendet Madura memang lebih banyak yang prospek daripada yang tidak prospek dan ini berbanding terbalik dengan daerah lain. Di samping itu, ada sebuah kebiasaan lain yang unik dan mungkin perlu ditiru oleh Anda semua. Orang-orang di Madura, sekalipun bukan pencetak, mempunyai kebiasaan memaster cendet sejak usia dini. Alhasil, cendet-cendet di Madura juga terkenal dengan isian yang komplet.


penampakan cendet Madura asli


Lalu bagaimana untuk membedakan cendet Madura dengan cendet dari daerah lain? Secara fisik, akan sangat sulit membedakan asal muasal cendet, utamanya cendet Madura dengan cendet dari daerah lain. Sebab, memang tidak ada ciri yang mutlak. Namun demikian, banyak orang yang mengidentikkan cendet Madura dengan cendet blangkon (kepala full hitam) padahal tidak semua cendet Madura blangkong. Pun tidak semua cendet dari daerah lain peles (hitam pada kepalanya hanya bagian depan saja). Beberapa daerah seperti daerah Gunung Bromo, Jawa Timur bagian timur (Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo, dan Lumajang), Tuban, Pati, Gunung Kidul (Jogja), dan beberapa daerah lain juga banyak yang menghasilkan cendet blangkon.

Selain itu, ada juga anggapan banyak orang yang mengatakan bahwa cendet Madura adalah cendet dada putih padahal cendet dari daerah-daerah lain seperti di atas juga banyak yang berdada putih. Maka dari itu dapat ditegaskan bahwa akan sangat sulit jika ditanyakan bagaimana cara membedakan cendet Madura dengan cendet lainnya. Namun demikian, cendet Madura setidaknya memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 

Ciri fisik 
Sebenarnya, dari segi fisik, cendet Madura tidak jauh berbeda dengan cendet-cendet dari daerah Jatim. Kedua cendet ini memiliki ciri fisik yang amat susah untuk dibedakan. Namun umunya, cendet Madura setidaknya memiliki ciri fisik sebagai berikut.

  • Bodi lebih kecil, ramping, dan panjang dibandingkan dengan cendet Jatim atau cendet daerah lain. Meskipun terdapat cendet Madura yang bongsor, namun biasanya terlihat bongsor proporsional. Selain itu, cendet Madura juga mempunyai ekor yang lebih panjang daripada cendet daerah lain
  • Terkesan lebih sangar karena rata-rata cendet Madura berkepala hitam, dan bahkan ada yang sampai tengkuk (gondrong)
  • Bulu dada dominan putih bersih dan halus (jadi bukan hanya warna putihnya saja yang menjadi ciri). Bahkan pada jenis cendet dada putih, warna putih pada dadanya tampak putih sekali sehingga seperti kapas
  • Warna bulu sangat kontras dan dominan gelap
  • Daerah tengkuk berwarna abu-abu yang sangat terang
  • Mata biasanya lebih tajam sehingga terlihat lebih garang.

Ciri non-fisik 
Cendet Madura juga mempunyai ciri khas lainnya yang membedakannya dengan cendet daerah lain sebagaimana berikut.

  • Lebih cerdas sehingga mampu merekam banyak isian. Bahkan pada cendet-cendet yang berasal dari daerah tertentu di Sumenep, konon ada yang memang mempunyai memori yang lebih baik dari cendet Madura lainnya sehingga harganya pun lebih mahal.
  • Suara lebih kristal dan kasar sehingga ketika berbunyi langsung terasa pekak dan nyelekit di telinga
  • Cendet Madura juga terkenal mempunyai mental tempur yang sangat baik
  • Cendet Madura juga dikenal sebagai cendet yang tidak mudah stres


Ciri-ciri Cendet Madura: Membedakan Cendet Madura dengan Cendet lainnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment