Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, April 7, 2015

Manfaat dan Cara Melakukan terapi Mandi Sauna untuk Cendet

Di media sosial, khususnya Facebook, akhir-akhir ini sering kali dibahas perihal mandi sauna bagi cendet. Hal ini membuat perawatan ini menjadi sangat populer. Tetapi sebenarnya, mandi sauna bukanlah hal yang baru. Pemain-pemain cendet tentu saja sudah lama mengenal mandi sauna ini. Tetapi setelah hal ini diangkat ke media sosial, mandi sauna mendadak ramai jadi topik perbincangan karena tentu saja masih banyak yang belum mengenalnya, terutama pemula. Karenanya, setelah mandi sauna ini menjadi hot topic, banyak kicau mania pemula yang juga ikut-ikutan melakukan praktik ini.


Manfaat mandi sauna pada cendet
Gamblangnya, mandi sauna adalah proses penjemuran pada cendet yang dilakukan dengan kondisi dalam kerodong. Dalam praktiknya, sebagian kicau mania ada yang memandikan cendet terlebih dahulu sebelum dijemur dan ada juga yang langsung menjemurnya. Penjemuran dilakukan sampai batas-batas tertentu yang dilakukan secara bertahap untuk menghindari kemungkinan terjadinya kematian. Dan meski banyak kalangan yang menilai ini sebagai penjemuran yang ektrem, namun ternyata banyak sekali manfaat yang dirasakan dari mandi sauna ini sebagaimana berikut.

1# Membantu burung lebih cepat gacor/mempeng
Dengan melakukan mandi sauna, biasanya burung cendet yang sebelumnya mungkin kurang gacor, bisa menjadi lebih gacor. Pun porosesnya biasanya akan lebih cepat daripada biasanya.

2# Membantu mengatasi cendet macet mabung
Mandi sauna bisa dijadikan sebagai terapi untuk cendet-cendet yang susah mabung atau macet mabung. Hal ini disebabkan karena mandi sauna bisa membuka pori-pori burung sehingga bulu menjadi mudah rontok dan memberikan rangsangan tumbuhnya bulu baru.

3# Membantu cendet lebih stabil di lapangan
Secara mengejutkan, mandi sauna juga bisa membuat cendet lebih stabil di lapangan sehingga berpotensi mendapatkan bendera. Burung ini menjadi lebih nagen dan tidak banyak gerak. Hal ini mungkin disebabkan karena mandi sauna bisa membuat burung lebih sehat sehingga burung bisa bekerja dengan maksimal di lapangan.

4# Membantu cendet berkicau lebih lama (durasi lebih panjang)
Burung cendet yang dilakukan mandi sauna juga bisa menjadi lebih panjang durasi kerjanya di lapangan. Hal ini mungkin saja masih berkaitan dengan poin di atas, di mana kondisi cendet dipengaruhi oleh kondisi fisik  yang jauh lebih sehat dan prima.

5# Membantu mempercepat cendet langsing dan singset
Sudah pasti bahwa mandi sauna bisa membantu cendet cepat langsing. Karenanya, mandi sauna ini sangat cocok dilakukan untuk burung yang gemuk atau baru saja habis mabung. Ini disebabkan karena mandi sauna bisa membakar kalori lebih banyak daripada jemur biasa sehingga membuat cendet cepat ramping.

6# Melonggarkan tenggorokan
Mandi sauna juga bermanfaat untuk volume cendet karena penjemuran seperti ini dapat melonggarkan tenggorokan. Akibatnya, volume biasanya akan lebih meningkat dan maksimal.

Cara melakukan mandi sauna
Cara mandi sauna sangat mudah sebab intinya burung dijemur dalam kondisi dikerodong. Namun demikian, setidaknya mandi sauna dapat dilakukan dengan cara berikut.
  • Pertama-tama burung dimandikan terlebih dahulu baik dengan cara disemprot maupun mandi keramba (sesuai dengan kebiasaan) setelah itu langsung dikerodong dan dijemur di bawah terik matahari. Namun demikian, sebagian cendet mania ada yang tidak memandikannya terlebih dahulu namun langsung menjemurnya.
  • Waktu penjemuran harus di bawah sinar matahari terik langsung supaya lebih efektif. Waktu yang ideal adalah antara jam 10.00—12.00.
  • Pastikan air minum tersedia dalam sangkar, sedangkan untuk voer boleh dicabut, boleh tidak. Namun sebaiknya dicabut supaya tidak terkontaminasi oleh sinar matahari sekalipun tidak mendapatkan paparan secara langsung.
  • Sebagian cendet mania, sesekali menyemprot kerodong dengan stelan embun. Ini bertujuan untuk memberikan kelembaban pada burung sehingga tidak terasa panas sekali. Sebagian yang lain, sama sekali tidak melakukan ini dan membiarkannya, dengan tujuan agar udara panas dalam sangkar bisa lebih terasa pada cendet.
  • Pada tahap awal, sangat disarankan untuk membuka resleting kerodong untuk mencegah terjadinya kematian pada cendet akibat kepanasan. Namun setelah terbiasa, resleting boleh ditutup sehingga burung dalam kondisi full kerodong. Selain itu, durasinya pun tidak boleh terlalu lama namun dilakukan secara bertahap. Bisa dilakukan setengah jam terlebih dahulu selama dua hari, dua hari berikutnya ditambah menjadi 1 jam. Begitu seterusnya sampai burung terbiasa dengan mandi sauna.

Selamat mencoba…!!!


Manfaat dan Cara Melakukan terapi Mandi Sauna untuk Cendet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment