Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 27, 2015

Masteran Cendet Paling Ngetop 2015

Tidak bisa dipungkiri, dari tahun ke tahun tren isian pada burung berkicau, yang dalam hal ini cendet, selalu mengalami pergeseran. Hal ini tentu saja sangat dipengaruhi oleh kecenderungan kicau mania dan ketertarikan duri di lapangan. Dan biasanya, isian yang nyeleneh apalagi dibawakan dengan bagus, sangat mungkin memikat perhatian juri sehingga sangat mungkin pula ia bisa memberikan nilai terbaik pada burung tersebut.

Mencuatnya fenomena cendet Madura belakangan ini beserta tren masterannya yang sama sekali berbeda dengan pakem yang ada selama ini dan cenderung terdengar aneh di telinga seperti telah membelalakkan mata cendet mania di seluruh tanah air bahwa masteran untuk cendet tidak hanya terbatas pada suara burung asli. Untuk mendapatkan suara cendet yang unik dan variatif, diperlukan sebuah dobrakan baru dengan cara membuat suara-suara masteran dalam bentuk mp3 yang sama sekali bukan berasal dari suara burung. Di Madura, suara-suara masteran aneh ini muncul di tengah-tengah hiruk-pikuknya persaingan cendet yang sangat panas. Dan cendet mania di Madura pun berlomba-lomba memakai masteran-masteran tersebut yang beraneka ragam supaya cendetnya bisa mempunyai materi yang istimewa.

(Gambar: youtube.com)

Fenomena ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia percendetan di luar Madura. Buktinya, cendet mania di luar Madura secara serta-merta banyak yang menerima tren masteran atau isian Madura ini sebagai fenomena baru yang perlu ditiru. Karenanya, dalam perkembangannya, tren masteran Madura menjamur di mana-mana dan sudah boleh dibilang menjadi tren nasional dan juga boleh dibilang sebagai masteran paling banyak diminati oleh cendet mania di Indonesia pada masa kini. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa masteran-masteran ngetop dan paling banyak diminati oleh cendet mania di Indonesia.

1# Gereja
Posisi pertama, tren isian gereja pada burung cendet tetap menjadi primadona. Karenanya, jika saja ada burung cendet yang tidak bisa membawakan isian gereja dengan baik, seperti halnya makanan tanpa garam. Untuk itulah, para pencetak cendet pertama-tama biasanya akan memberikan masteran gereja ini sebagai lagu dasar cendet tersebut. Dan bagi Anda yang belum mempunyai masteran gereja ini, silakan klik di bawah ini.


2# Kuntilanak
Kuntilanak tidak hanya diminati di Madura saja, masteran ini juga sudah banyak diminati oleh kicau mania di luar Madura. Cendet yang bisa membawakan kuntilanak ini dengan baik, biasanya suaranya akan tembus sehingga sangat disukai oleh cendet mania. Untuk mendapatkan masteran ini, silakan klik di bawah ini.


3# Lampiran
Ini juga masteran asli Madura. Pun juga tidak hanya diminati oleh cendet madia Madura namun oleh hampir semua cendet mania di Indonesia. Hal ini disebabkan karena isian ini kasar dan juga bisa tembus jika dibawakan dengan baik oleh cendet.


4# Cililin
Meski tidak semua cendet bisa membawakan suara Cililin, namun masteran ini juga mempunyai peminat yang sangat banyak.

Masteran Cililin versi 3
Masteran Cililin versi 4

5# Kolibri
Ini bukan suara kolibri yang biasanya dibawakan dengan ngerol namun dibawakan dengan cara nembak. Hal ini karena masteran ini hanya menggunakan angkatan suara kolibri yang ditata sedemikian rupa sehingga menjadi tembakan panjang


6# Gabusan
Meski tidak sepopuler kuntilanak, gabusan juga banyak diminati oleh cendet mania. Suara yang dihasilkan dari pergesekan antara gabus dengan kaca ini sangat indah bila dibawakan dengan baik oleh cendet. Karenanya, silakan klik audionya di bawah ini.

 
7# Tengkek Buto
Tengkek memang sudah lama menjadi isian yang sangat digemari oleh cendet mania. Hal ini disebabkan karena suara tembakannya sangat rapat sehingga nyaris seperti suara mesin jahit.

Masteran tengkek versi 2
Masteran tengkek versi 3
Masteran tengkek versi 4
Masteran tengkek versi 5

8# Love Bird
Love bird masih menjadi isian primadona bagi cendet sampai sekarang. Tetapi tentu saja masteran love bird yang bagus adalah yang berasal dari burung asli, bukan suara masteran tiruan yang mirip dengan suara love bird seperti yang banyak kita temukan. Dan untuk mendapatkan masteran burung love bird asli sehingga nyaris sama persis dengan suara burung aslinya, silakan klik di bawah ini.


9#Sogok ontong
Sogok ontong juga sudah lama diminati oleh cendet mania. Suaranya yang ngerol panjang menyebabkan burung ini sangat cocok untuk masteran burung apa saja.


10# Cucak Jenggot
Suara cucak jenggot alasan sangat kasar sehingga sangat cocok untuk masteran cendet. Beberapa orang menggunakan cucak jenggot jantan supaya ngesreknya lebih bagus namun beberapa yang lain menggunakan cucak jenggot betina untuk mendapatkan suara ngesrek dan ngetik.


Masteran Cendet Paling Ngetop 2015 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: leo sayoga

0 komentar:

Post a Comment