Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, April 9, 2015

Membedakan Jenis Kelamin Cucak Hijau

Cucak hijau atau Cucak Ijo adalah salah satu dari jenis burung berkicau favorit sehingga dari tahun ketahun peminat burung ini tidak pernah sepi. Tidak hanya dipelihara sebagai burung rumahan, kicau mania juga banyak yang menjadikannya sebagai burung kontes. Karenanya, burung ini tidak pernah sepi di setiap kontes, baik tingkat Latber, Latpres, lebih-lebih lomba besar.

                                      (Gambar: untubogang.blogdetik.com)
                                
Untuk menentukan jenis kelamin cucak ijo dewasa sangat mudah karena dibedakan dengan warna bulu yang mencolok. Cucak hijau jantan, ditandai dengan warna bulu hitam padai dagu yang memanjang sampai tenggorokannya. Adapun cucak ijo betina, tidak mempunyai warna ini alias hijau polos seluruh badannya. Namun untuk cucak ijo yang masih muda alias trotol, menentukan jenis kelaminnya sangat susah karena ciri fisik maupun warna bulu cucak ijo nyaris sama. Untuk itu, perlu kecakapan dan ketelitian untuk menentukan jenis kelamin cucak ijo bakalan ini.

Bagi pada kicau mania yang sudah bertahun-tahun menekuni kecintaannya pada cucak hijau, ada beberapa hal yang mungkin menjadi ciri pembeda jenis kelamin cucak ijo ini, seperti berikut.

  • Untuk bakalan yang masih berumur di bawah 4 bulan, cucak hijau jantan ditandai dengan warna alis (yang melingkar pada kedua matanya) berwarna kuning. Sedangkan cucak hijau betina warna, alisnya berwarna putih.
  • Paruh bagian bawah (dagu) pada cucak hijau jantan berwarna cokelat tua. Sedangkan pada cucak hijau betina berwarna putih.
  • Pada bakalan cucak hijau yang sudah berumur di atas 4-6 bulan, cucak hijau betina lehernya berwarna kuning yang kemudian berubah menjadi putih kehijauan. Sedangkan pada putih kehijauan jantan, lehernya juga berwarna kuning namun dipenuhi oleh totol-totol hitam (Lihat gambar di atas). Semakin hari, warna totol hitam ini akan semakin banyak dan meluas sehingga dua bulan berikutnya sudah sangat jelas memenuhi leher dan paruhnya.
  • Dalam kondisi normal, ekor cucak hijau biasanya ngumpul atau menyatu, sedangkan pada betina tidak.
  • Pada cucak hijau jantan, biasanya leher akan tampak lebih besar dan kekar sedangkan cucak hijau wanita lebih kecil.
  • Pada cucak hijau jantan, ketika berbunyi suaranya akan lebih keras dan lebih variatif daripada betina.

Membedakan Jenis Kelamin Cucak Hijau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment