Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 6, 2015

Perawatan Kacer Menjelang Lomba

Umumnya, setelan kacer harian dan lomba itu dibuat berbeda. Stelan harian adalah sebuah metode perawatan yang dilakukan bagaimana supaya kacer bisa rajin bunyi atau siap untuk kontes. Sedangkan perawatan lomba adalah sebuah metode perawatan yang disiapkan dengan bertujuan supaya burung kacer tidak hanya sekedar rajin berbunyi di lapangan. Perawatan lomba lebih menitikberatkan pada kondisi burung untuk bisa mempunyai durasi kerja yang lama, anteng dengan ngobra.


Tidak ada metode khusus bagaimana metode perawatan kacer menjelang lomba yang paling baik. Hal ini disebabkan karena setiap kacer mempunyai karakter berbeda-beda. Hal ini pulalah yang mendasari mengapa sebuah setelan yang diterapkan pada satu burung menjadi belum tentu efektif jika diterapkan pada burung lainnya. Untuk itu, setiap burung mempunyai metode sendiri-sendiri yang semuanya didasarkan pada karakter dan kemauannya. Namun demikian, secara garis bersar, perawatan kacer menjelang lomba ialah sebagai berikut.

(Gambar: infoburung.wordpress.com)
  • Perawatan lomba bisa dimulai dari H-3. Jika misalnya lomba hari minggu, maka perawatan bisa dimulai hari kamis.
  • Selama masa itu, burung sudah tidak usah dikeluarkan apalagi dijemur. Cukup full kerodong saja sampai hari H dan tempatkan di lokasi yang tenang.
  • Pada pagi hari, berikan kroto ± 1 sendok teh, setelah kroto habis, jangkrik boleh diberikan. Adapun takaran jangkrik, tambahkan 1 ekor jangkrik dari setelan harian. Jika misalnya setelan jangkrik harian 5 ekor, maka mulai saat ini berikan 6 ekor. Pada sore hari, cukup berikan jangkrik dengan takaran yang sama (6 ekor). Lakukan ini sampai hari sabtu.
  • Pada malam H-1 atau malam Ahad, liat kondisinya. Jika misalnya dilihat masih kurang birahi, boleh Anda tambahkan kroto 1 sendok teh lagi atau UH 1-3 ekor. Sebaliknya, jika burung tersebut terlihat terlalu birahi, Anda bisa mandikan kacer tersebut.
  • Adapun pada hari H, pagi harinya sebaiknya kacer diembunkan sampai jam 7 pagi. Pada jam itu, berikan kroto dengan takaran yang sama pada hari kamis
  • Jemur burung sampai puas hingga buka paruh akibat terlalu panas. Angkat burung lalu angin-anginkan sebentar, kemudian mandikan.
  • Habis mandi, berikan jangkrik dengan takaran sama seperti setelan harian, kemudian krodong.
  • Sebelum berangkat ke lapangan, sangat disarankan untuk kembali memberikan jangkrik seperti harian.
 Selamat mencoba….!!!


Perawatan Kacer Menjelang Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment