Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, April 8, 2015

Rawatan Harian Burung Cendet


Burung cendet adalah burung fighter yang mampu menirukan banyak suara burung lain sehingga burung ini tergolong salah satu burung yang sangat cerdas. Bukan hanya suara burung saja yang bisa ditirukannya namun suara non burung seperti suara ayam, kucing, dan lain sebagainya. Di samping itu, cendet adalah burung yang sangat ganas dan tahan panas sehingga memungkinkan harus memberikan rawatan yang berbeda dengan burung lainnya.

Rawatan harian burung cendet sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rawatan burung lainnya. Hanya saja, durasi penjemuran untuk burung ini harus ditambah karena burung ini memang termasuk burung suka panas. Durasi penjemuran bisa dilakukan 3 jam atau lebih, tergantung cuaca. Penjemuran ini dapat dilakukan antara jam 8 pagi sampai jam 11 siang. Penjelasan lebih lanjut, lihat uraian berikut.
  • Hal pertama yang harus dilakukan ialah burung harus dikeluarkan pada pagi hari sekitar jam 07.00. Angin-anginkan burung di teras rumah terlebih dahulu, baru setengah jam kemudian (jam 07.30) burung dimandikan. Teknik memandikannya dapat dilakukan dengan cara disemprot sebab burung cendet tidak perlu dikeramba.
  • Setelah itu, kandang harian dibersihkan, jangan lupa untuk mengecek atau mengganti/menambah voer. Ganti pula air minumnya dan ini harus dilakukan setiap hari. Namun demikian, air minum boleh juga diganti setelah penjemuran karena air yang terkena sinar matahari sudah tidak baik lagi bagi kesehatan burung karena terkena matahari langsung. 
  • Berikan jangkrik dengan meletakkannya langsung dalam cepuk. Jangan pernah Anda memberikannya secara langsung pada jangkrik melalui tangan. Jumlah jangkrik dapat disesuaikan dengan setelan yang dipakai sesuai karakter burung, 4 atau 5 ekor misalnya. 
  • Jemurlah burung tersebut di bawah sinar matahari pagi. Penjemuran ini dapat dilakukan 3 jam atau lebih, mulai jam 08.00-11.00. Durasi penjemuran di sini tidak baku, harus disesuaikan dengan karakter masing-masing burung. Dan yang tidak kalah pentingnya lagi adalah pada saat penjemuran, dianjurkan burung tidak melihat burung sejenis. 
  • Setelah burung diangkat dari gantangan/jemuran, burung jangan langsung dimasukkan. Angin-anginkan dulu sebentar, kira-kira 10-30 menit, di tempat teduh, lalu kerodong dan masukkan kembali ke dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya berbagai akibat fatal pada kesehatan burung, terutama terjadinya katarak. 
  • Setelah burung dikerodong dan dimasukkan kembali ke dalam rumah, burung dapat dimaster dengan suara atau burung master. Hal ini dapat dilakukan sampai sore hari, sebelum burung dikeluarkan kembali untuk makan sore. 
  • Sekitar jam 15.30, burung dikeluarkan dan diangin-anginkan. Berikan extra fooding lagi sesuai dengan karakternya. Biarkan burung selama kurang lebih 1 jam. 
  • Setelah itu, burung dikerodong kembali dan dimasukkan ke dalam rumah. Setelah jam 18.00, burung boleh untuk diperdengarkan suara master sampai pagi hari. Namun ini tidak mutlak.
Catatan penting
  1. Kroto segar diberikan 1 sendok makan maksimal 2x seminggu. 
  2. Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.


Rawatan Harian Burung Cendet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment