Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, April 8, 2015

Rawatan Harian Love Bird

Love bird adalah burung impor yang telah banyak dikembangbiakkan di Indonesia. Tidak hanya sebagai burung hias, Love Bird di Indonesia sudah dilombakan. Karenanya, tolak ukur harga love bird saat ini tidak ditekankan pada keunikan warna saja namun juga pada bunyinya. Love Bird yang ngekek panjang bisa mempunyai nilai jual yang lebih tinggi daripada love bird yang hanya bunyi biasa. Sebab, Love Bird ini tentu saja sangat prospek untuk dilombakan.


Rawatan harian Love Bird tidak jauh berbeda dengan perawatan burung lainnya. Namun demikian, ada beberapa perbedaan yang mendasarinya. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa langkah perawatan harian love bird Anda.
  • Pagi hari, kira-kira jam 7 pagi, love bird dikeluarkan. Buka kerodong dan angin-anginkan di teras rumah.
  • Kurang lebih 30 menit berikutnya, mandikan burung tersebut sesuai kebiasaannya, baik dengan cara disemprot maupun memakai keramba.
  • Berikan kandang lalu cek pakan atau biji-bijiannya, jika mungkin, ganti pakan setiap hari. Namun ini tidak mutlak. Selain itu, buang sayuran sisa kemarin dan ganti dengan yang baru. Begitu juga dengan air minumnya, harus diganti setiap hari.
  • Setelah dimandikan, jemur love bird (umumnya durasi maksimal penjemuran hanya 1 jam). Penjemuran bisa dilakukan sampai antara 08.00—11.00. Jika Anda mempunyai Love Bird lebih dari satu, penjemuran sebaiknya jangan dipisah namun kelompokkan menjadi satu. Hal ini disebabkan karena love bird adalah jenis burung koloni yang jika dikelompokkan memungkinkannya menjadi lebih nyaman. Hal ini ditandai dengan ocehan burung yang saling sahut-sahutan.
  • Setelah diangkat dari gantangan jemuran, burung jangan langsung dimasukkan. Angin-anginkan di teras rumah sebentar, kurang lebih 30 menit, lalu (jika tujuan kontes burung dikerodong dan) masukkan kembali ke dalam rumah.
  • Jika burung ini untuk tujuan kontes, selama burung dikerodong dapat dimaster dengan burung mastrer atau dengan menggunakan sonic master. Namun jika untuk tujuan breeding, burung tidak usah dimaster tidak jadi masalah.
  • Untuk tujuan kontes, sekitar jam 15.30, burung dapat dikeluarkan kembali dengan cara diangin-anginkan di teras, boleh dimandikan bila perlu. Namun untuk breeding, burung tidak dianjurkan untuk dikeluarkan kembali. Cukup kontrol pakan, air minum, dan sayuran.
  • Setelah diangin-anginkan, burung dapat kembali dimasukkan dan dikerodong. Selama malam hari, burung kontes ini dapat diperdengarkan suara master kembali dengan sonic master sampai pagi hari.
Itulah sekilas tentang perawatan harian burung love bird. Perawatan ini tidak mutlak, ini hanya sebagai gambaran umum. Karenanya, banyak para kicau mania yang mempunyai cara tersendiri dalam perawatan burung, termasuk Love bird ini.

Sebagai tambahan, variasi sayuran dan buah sangat penting dilakukan sebagai usaha keberhasilan perawatan burung love bird, terutama dalam hal ini breeding. Begitu juga dengan multivitamin yang dapat dicampur dalam air minum atau dioleskan pada sayuran dan buah, sangat penting diberikan untuk menunjang produksinya. Tak lupa pula, selalu sediakan tulang sotong sebagai tambahan asupan kalsiumnya.

Rawatan Harian Love Bird Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

kicau senja said...

Pakan tambahan alternatif tinggi protein untuk love bird
Klik link dibawah ini untuk mengetahui bahan yang digunakan untuk membuat pakan tambahan tinggi protein

Pakan tambahan alternatif tinggi protein untuk love bird

Post a Comment