Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, April 10, 2015

Tanda-tanda Kenari Siap Dijodohkan

Burung kenari adalah burung impor yang sangat populer di Indonesia. Burung yang pertama kali ditemukan di Prancis oleh Jean de Berthan Cout ini sudah dibudidayakan oleh para kenari mania. Kawin silang adalah sistem perkawinan yang sangat dominan dengan tujuan untuk mendapatkan anakan yang diinginkan. Tidak heran kalau di Indonesia dikenal banyak sekali jenis kenari, mulai dari kenari lokal, AF, F1, dan lain seterusnya. Jenis-jenis kenari seperti ini merupakan hasil kawin silang antara satu jenis kenari dengan kenari jenis lainnya.

 (Gambar: Doc. Gold Canary)

Breeding kenari relatif lebih mudah daripada burung lokal sehingga tidak heran jika banyak orang awam pun bisa menjadi breeder sukses. Namun demikian, sebenarnya menangkarkan kenari tidak semudah itu. Dalam breeding kenari diperlukan pengetahuan yang lebih, terutama untuk menjodohkannya sebab proses ini merupakan tahap awal dan pintu gerbang dari kesuksesan breeding Anda.

Ciri Kenari Betina Siap Tangkar
Kenari yang hendak ditangkarkan haruslah burung yang sudah siap untuk dibuahi dan membuahi yang ditandai dengan usianya yang sudah matang. Lebih dari itu, kondisi kenari juga harus masuk fase birahi yang ditandai oleh banyak hal sehingga memudahkan dalam proses penjodohan. Beberapa tanda kondisi kenari betina siap tangkar dan sudah mau untuk dikawinkan ialah sebagai berikut.
  • Pertama-tama penjodohan sebaiknya dilakukan pada kenari betina sudah bunderi atau menata susuh serta menyobek-nyobek alas kurungan yang biasanya terbuat dari kertas koran.
  • Ketika kenari betina mendengar kenari jantan sedang berbunyi, kenari betina biasanya akan mengeluarkan kicau kecil secara berulang-ulang. Kenari betina juga akan menunjukkan perilaku kebingungan dan kelihatan resah, bergerak dan terbang ke sana kemari seperti hendak ingin keluar dari sangkar/kandang.
  • Perilaku lainnya adalah kenari betina biasanya kerap kali mengepak-ngepakkan sayapnya seolah-olah akan terbang tetapi cuma meloncak ke pangkringan lainnya karena tidak jadi. Bersamaan dengan ini, kenari betina juga biasanya akan terus berbunyi mencicit sepanjang kenari jantan tetap berbunyi.
  • Untuk memastikan kenari sudah siap atau belum, cobalah amati kondisi sekitar alat kelaminnya dengan cara memegang kenari tersebut. Tiuplah area sekitar anus, jika area itu tampak bersih dan memerah, itu pertanda bahwa kenari tersebut memang sudah siap dan segera kawinkan. Namun sebaliknya, jika ternyata area tersebut masih bersisik dan dipenuhi bulu, sebaiknya tidak dikawinkan karena kondisi ini menandakan kenari tersebut belum siap.
  • Masih berkaitan dengan anus, kenari betina yang sudah siap anusnya biasanya akan tampak terbuka lebih lebar dan di sekitarnya tampak mengkilat/berminyak.

Ciri Kenari Jantan Siap Tangkar
Adapun tanda kenari jantan yang sudah siap dijodohkan ditandai dengan adanya beberapa kondisi sebagai berikut.
  • Kenari jantan lebih rajin berkicau dan semakin keras bunyinya yang menandakan bahwa kenari ini sudah masuk fase birahi. Kenari yang sudah ingin kawin ini biasanya irama lagunya panjang dan tidak terputus-putus.
  • Ketika burung kenari jantan ini berkicau, biasanya tidak mau diam. Burung ini akan bergerak-gerak ke kiri dan kanan dengan lincahnya. Bahkan ketika mendengar atau melihat kenari betina, kenari jantan yang sudah birahi ini akan semakin aktif bergerak seolah-olah hendak menabrak sangkar dan keluar.
  • Ketika melihat kenari betina, kenari jantan juga akan langsung memberikan respon ingin mendekat sambil berkicau terus. Bahkan jika kenari betina ini didekatkan, kenari jantan akan semakin jadi bunyinya sambil menunjukkan gerakan naik turun sangkar.
  • Untuk memastikan kondisi kenari ini, sebaiknya peganglah kenari tersebut dan amati kondisi alat kelaminnya. Alat kelamin kenari jantan yang sudah siap kawin biasanya akan tampak menonjol besar dan panjang serta berwarna kemerah-merahan.

Tanda-tanda Kenari Siap Dijodohkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment