Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, April 10, 2015

Tips Mudah Menjodohkan Kenari

                                           (Gambar:kenarimania.com)

Jika sepasang kenari sudah menunjukkan tanda-tanda birahi dan siap kawin sebagaimana dibahas dalam artikel sebelumnya, Tanda-tanda Kenari Siap Dijodohkan, maka proses selanjutnya adalah menjodohkannya. Mengetahui cara menjodohkan kenari sangat penting karena ini adalah proses penentuan kawin dan tidaknya sepasang kenari tersebut nanti.

Sepasang kenari yang sudah jodoh biasanya akan langsung siap bercinta dan melakukan perkawinan. Sedangkan jika keduanya belum bisa akur alias belum berjodoh, mereka biasanya akan berkelahi saling menyerang. Karenanya, proses perkawinan bisa terhambat dan bahkan jika keduanya nekat langsung disatukan, kadang kala bisa membuat produksi tidak jadi karena betina mengalami stres.

Untuk itu, beberapa tips berikut mungkin dapat membantu Anda dalam upaya menjodohkan kenari Anda.

  • Sepasang indukan kenari yang akan dijodohkan, ditaruh dalam kandang terpisah, tempatkan saling berdekatan.
  • Amati tingkah laku kedua kenari tersebut. Jika kenari jantan ngoceh terus dan seperti mau melabrak atau memburu si betina dan si betinanya pun mengelperkan sayapnya, ini pertanda kenari tersebut jodoh. Namun jika tidak, berarti belum berjodoh. Bahkan sebagaimana telah disebutkan, jika kenari tersebut belum siap berjodoh, keduanya bisa berantem dan ini akan membuat proses penjodohan akan semakin lama.
  • Ulangi beberapa kali, pagi dan sore, sampai kedua kenari ini benar-benar berjodoh.
  • Kenari yang telah berjodoh, kedua kenari jantan dan betina kerap kali memperlihatkan perilaku saling menyuapi atau meloloh makanan meskipun keduanya berada dalam sangkar terpisah. Namun dengan catatan, kedua kurungan kenari jantan dan betina harus berdekatan.
  • Setelah kenari berjodoh, memasukkan kenari jantan ke dalam sangkar betina. Kenari yang sudah berjodoh ini pun akan semakin mesra memadu kasih dengan perilaku saling suap dan bahkan kadang langsung kawin.
  • Setelah disatukan, lihat dan amati, apakah kedua kenari sudah kawin atau belum. Jika kawin, minimal dalam sehari kenari harus kawinkan 2 sampai 3 kali. Namun idealnya, kenari kawin 4x dalam sehari dengan rincian 2x kali di pagi hari dan 2x di sore hari. Selain itu, juga bisa ditambah sekali kawin pada siang hari. Semua ini bertujuan agar proses produksi bisa lebih maksimal di mana telur benar-benar terbuahi dan angka tetasnya juga menjadi lebih tinggi.
  • Setelah kenari ini kawinkan, pasangan jantan bisa dicabut atau dipindahkan ke sangkarnya atau dibiarkan sampai kenari betina bertelur.
 

Tips Mudah Menjodohkan Kenari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment