Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 13, 2015

Variasi Penjodohan Kenari

Dalam menjodohkan kenari, terdapat beberapa varian, bisa dengan sistem pasangan tetap, pasangan tidak tetap, dan penjodohan massal. Masing-masing dari ketiga variasi penjodohan pada kenari akan diuraikan dalam penjelasan berikut. 

Pasangan tetap
Penjodohan dengan sistem pasangan tetap adalah di mana seekor kenari dijodohkan dengan pasangan yang sama. Penjodohan ini dapat dibedakan sebagai berikut.


Pasangan tetap (Gambar: ternak.info)

  • Penjodohan yang dilakukan dengan pasangan tetap dan hanya satu pasang. Di sini, pasangan kenari antara induk betina dan pejantan sama sekali tidak pernah dipisahkan, mulai proses penjodohan hingga anak-anaknya besar dan keluar dari sarang. Sistem penjodohan seperti ini tentu saja kurang efektif karena meskipun pejantan ikut membesarkan anak-anaknya sehingga induk betina tidak kewalahan, pejantan ini masih bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih besar. Pejantan yang dikawinkan hanya dengan satu betina tentu saja akan lebih boros karena Anda sebagai breeder membutuhkan biaya banyak untuk mendapatkan pejantan sesuai jumlah indukan betina yang Anda miliki. Padahal sejatinya, satu induk jantan dapat dikawinkan dengan beberapa induk betina.
  • Penjodohan dilakukan dengan pasangan tetap dengan beberapa indukan (2-4 induk). Di sini, satu pejantan kenari bisa dijodohkan dengan dua sampai indukan secara bergantian.

Pasangan tidak tetap
Penjodohan dengan sistem pasangan tidak tetap adalah penjodohan di mana satu pejantan dikawinkan dengan beberapa betina. Biasanya, penjodohan seperti ini dilakukan oleh penangkar yang mempunyai indukan betina cukup banyak namun mempunyai pejantan terbatas.

Penjodohan seperti ini, biasanya dilakukan berdasarkan situasi, jika misalnya terdapat induk betina yang sudah siap dan anak-anaknya sudah disapih, induk betina ini langsung dikawinkan dengan pejantan lainnya supaya tidak terlambat. Jika induk betina tersebut sudah menyapih anak-anaknya lagi dan juga sudah siap kawin, maka dapat segera dijodohkan dengan induk jantan lain. Begitu juga, jika ada indukan lain yang juga sudah siap kawin, maka juga segera dijodohkan meskipun dalam hari yang sama.

Penjodohan secara massal
Penjodohan kenari secara massal adalah di mana penjodohan dilakukan dengan cara memasukkan beberapa kenari jantan dan betina menjadi satu dalam sangkar yang cukup besar. Penjodohan seperti ini sudah dahulu banyak yang menggunakannya namun saat ini sudah jarang dipakai. Sebab, penjodohan seperti ini masalahnya sangat kompleks. Sebut saja misalnya, jika satu saja dari kenari yang ada dalam sangkar terinfeksi penyakit, yang lain sangat mungkin tertular. Karenanya, penjodohan seperti ini sudah banyak ditinggalkan. Umumnya para penangkar memilih penjodohan kedua poin di atas.

Variasi Penjodohan Kenari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment