Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, May 6, 2015

Cara Mendeteksi Power Cendet saat Masih Piyik

Mendapatkan burung cendet dengan power tembus tentu saja menjadi dambaan setiap cendetmania. Sebab, power merupakan salah satu sarat mutlak dalam penilaian juri untuk mendapatkan bendera nominasi di lapangan. Karenanya, jika seseorang hunting cendet bahan, salah satu pertimbangan yang diperhatikan dengan sangat teliti adalah masalah kualitas power. Power yang kecil, memungkinkannya tidak terdengar atau kurang menonjol saat kontes di lapangan. Sementara cendet dengan power kencang apalagi kristal, akan terdengar tembus di lapangan.


Mendeteksi power cendet saat ia sudah dewasa adalah persoalan yang mudah. Tetapi untuk mendeteksi power ketika cendet masih trotol atau bahkan piyik tentu saja sangat sulit. Umumnya para pencetak cendet hanya memberikan penilaian pada katuranggannya dan soal ower masih spekulatif. Itulah alasan yang menyebabkan mengapa mereka sering kali merasa kecewa ketika cendet trotolnya menjadi dewasa karena powernya tidak sebagus sebagaimana diharapkan sesuai dengan katuranggannya.

Pilih piyikan yang berparuh besar, tebal, dengan pangkal yang lebar

Mendeteksi power cendet trotol atau bahkan piyik memang susah-susah gampang. Untuk itu, perlu ada trik khusus bagaimana supaya Anda bisa jitu dalam memberikan penilaian terhadaonya. Adapun cara yang dapat Anda gunakan ialah dengan mengamati beberapa hal berikut. Beberapa kondisi ini sekaligus menjadi tanda dari cendet yang mempunyai power bagus.

Paruh besar, tebal, dan berpangkal lebar
Pertama-tama, cendet trotol yang mempunyai bakat power tembus kelak ialah cendet yang mempunyai paruh yang besar, tebal, dengan bangkal yang lebar. Ketika masih piyik, tanda-tanda ini sudah bisa dikenali dengan baik namun bagi Anda yang masih awam dengan cendet piyik, tentu saja hal ini akan sangat sulit untuk dikenali karena kondisi paruh yang masih kuning dan belum terbentuk dengan baik. Untuk mengetahui hal tersebut dengan jelas, cobalah Anda bandingkan antara satu cendet piyik dengan cendet piyik lainnya. Cendet piyik yang mempunyai paruh yang besar, tebal, dengan pangkal yang lebar, akan terlihgat dengan baik. Pangkal paruhnya yang masih kuning akan terlihat sangat lebar, lebih lebar dari cendet piyik lainnya.

Ketika cendet piyik ini sudah berumur di atas satu bulan, tentu saja Anda akan lebih mudah mengenalinya. Apalagi jika cendet piyik tersebut sudah mau nyalin bulu, tentu saja tanda paruh yang bagus seperti ini sudah terlihat dengan baik. Hal ini disebabkan karena pada usia tersebut, paruh cendet sudah terbentuk dengan baik seperti paruh cendet dewasa yang memungkinkan Anda bisa mengenalinya dengan baik.

Piyik cendet yang berumur di atas satu bulan kondisi paruh sudah bisa dikenali dengan lebih baik

Sobekan paruh sampai bawah mata
Cendet piyik yang mempunyai power yang keras di kemudian hari juga ditandai dengan kondisi sobekan paruh yang lebar dan bahkan hingga sampai ke bawah mata. Ciri ini juga sebagai pertanda bahwa cendet piyik ini kelak akan buka paruh dengan maksimal ketika berkicau. Untuk itu, pilihlah cendet dengan kondisi sobekan paruh yang lebar dan sampai ke bawah mata.

Lubang hidung besar
Selain bentuk dan sobekan paruh, cobalah amati kondisi lubang cendet piyik Anda. Cendet dengan lubang hidung yang lebar, mempuyai tendensi yang sangat kuat untuk mempunyai power yang keras kelak di kemudian hari. Dan inilah yang disebut hidung tembus oleh kalangan cendet mania. Untuk itu, untuk mendapatkan power yang keras, pilihlah piyik cendet dengan lubang hidung yang lebar.

Dengarkan ketika ia berbunyi
Cendet piyik yang sudah agak besar dan bisa nangkring, biasanya akan berbunyi “toet” yang diulang hingga beberapa kali layaknya cendet dewasa. Ketika cendet piyik tersebut berbunyi seperti itu, perhatikan dengan saksama. Bunyi “toet” yang keluar bisa menjadi tendensi terhadap kualitas powernya di kemudian hari. Jika terdengar keras dan pekak di telinga, besar kemungkinan kelak ketika dewasa, cendet tersebut bisa mempunyai power yang keras. Sebaliknya, jika terdengar kecil dan cempreng, besar kemungkinan kelak powernya tidak akan seberapa dan bahkan bisa sangat tipis sehingga kurang cocok jika dijadikan burung lomba.

Demikian tanda-tanda cendet piyik yang mempunyai power keras di kemudian hari. Tanda-tanda tersebut tidak bisa berdiri sendiri karena biasanya saling mempengaruhi. Jika tidak, kemungkinan besar prediksi Anda bisa saja meleset. Untuk itu, amati baik-baik ketika Anda hunting piyik cendet yang biasanya saat ini sudah banyak beredar di media sosial facebook. Begitu juga jika Anda hunting di pasar, jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan cendet piyik tersebut. Amati dengan saksama untuk menghindari terjadinya rasa kecewa di kemudian hari.

Cara Mendeteksi Power Cendet saat Masih Piyik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment