Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, June 28, 2015

Mengenal Istilah pada Anakan Hasil Silangan Kenari Yorkhsire

Bukan hanya jenisnya, kenari juga mempunyai banyak nama. Ini disebabkan karena kenari adalah burung yang banyak dikawinsilangkan antara kenari Yorkshire atau YS dengan kenari lokal. Karenanya, dalam hasil perkawinan silang YS dikenal dengan banyak istilah seperti YS lokal, F1 Yorkshire, F2 Yorkshire, dan F3 Yorkshire. Di luar itu, ada pula yang disebut kenari AF dan Lokal. Lalu apa sebenarnya pengertian dan perbedaan pada masing-masing istilah tersebut? Mari kita urai satu persatu dengan rinci melalu penjelasan berikut.


Yorkshire Lokal
Sebelum lebih jauh membahas istilah ini, mari kita pahami terlebih dahulu mengenai istilah YS murni. Istilah YS murni adalah suatu YS yang dihasilkan dari silangan YS murni dengan YS murni. Jika ia dilahirkan atau dikembangbiakkan di luar Indonesia, maka itu disebut sebagai YS impor. Sedangkan jika sebagai hasil ternakan Indonesia, disebut sebagai YS lokal. Terlepas dari besar dan kecilnya, kenari yang menetas di Indonesia ini, tetap disebut YS karena ia memiliki dan mewarisi darah YS impor 100%. Karenanya, ia mempunyai sifat dan bodi yang identik dengan YS import. 

(Foto: Gold Canary)

F1 Yorkshire
Apabila YS murni ini dikawinkan dengan jenis kenari lain, misalnya kenari lokal, maka anak yang dihasilkan disebut F1 (filial pertama) atau anak keturunan pertama dari YS. Terlepas dari besar dan kecilnya postur anakan hasil silangan ini, tetap sebagai filial pertama dari YS. Namun biasanya, ia mempunyai sifat dan body yang mirip dengan YS karena dalam ukuran idealnya, F1 YS dominan hereditas 50% Yorkshire.

F2 Yorkshire
Adapun yang dimakasud F2 adalah anakan kenari dari hasil silangan YS murni yang dikawinkan dengan F1 YS. Seperti apapun postur dan warnanya, kenari yang dihasilkan dari persilangan tersebut tetap disebut F2 karena merupakan hasil anak dari keturunan kedua. Idealnya, kenari F2 ini mempunyai postur dan sifat yang sangat dekat dengan YS karena ia mempunyai genetik yang lebih dekat daripada F1. Dan secara genetik, ia dominan hereditas 75% Yorkshire mempunyai atau mewarisi 75% dari darah YS.

F3 Yorkshire
Ini adalah jenis kenari dengan gen dominan hereditas 88% Yorkshire. Sebab, kenari ini merupakan hasil silangan antara kenari YS murni dengan kenari f2. Seperti apapun bentuk postur dan sifatnya, kenari yang dihasilkan dari persilangan tersebut disebut F3 karena kenari ini merupakan keturunan silangan ketiga.
Dalam hal ini perlu diketahui bahwa semakin besar angka dibeakang F maka biasanya filial atau keturunan akan memiliki hereditas fenotipe yang semakin mendekati (dominan) parenting, baik dalam postur, ukuran badan, suara, dan berbagai macam lainnya. Misalnya, F4 memiliki dominan hereditas 94%, F5 memiliki dominan hereditas 97, F6 memiliki dominan hereditas 99%.

Kenari AF
Jenis kenari ini sebenarnya asing dalam istilah biologi dan bahkan mungkin tidak ada. Karenanya, istilah ini bukan merupakan penamaan secara ilmiah. Namun demikian, istilah ini sudah terlanjur beredar umum dalam dunia maket kenari. Tetapi ini perlu dijelaskan bahwa istilah AF ini adalah kenari yang dihasilkan dari persilangan filial baik berupa F1, F2, maupun F3 (bukan jenis fixed strain) yang dikawinsilangkan dengan kenari lokal atau kenari non fix strain dalam tingkatan ke depan. Misalnya F1 x F1, maka anakan yang dihasilkan disebut sebagai AF. Bahkan dalam dunia market saat ini, AF jenis ini disebut AF super karena mempunyai hereditas yang lebih dominan YS daripada kenari hasil silangan F1 x AF yang biasanya disebut AF biasa. Intinya, perkawinan sesama non fix strain akan menghasilkan keturunan yang disebut AF. Namun secara genetik, kenari-kenari hasil silangan ini tetap disebut kenari lokal.

Kenari Lokal
Ada satu lagi istilah kenari yang juga hanya ada dalam dunia pasar dan peternak, yaitu istilah yang disebut Kenari Lokal. Kenari ini derajatnya berada di bawah AF sebagaimana dijelaskan di atas. Kenari dengan istilah ini mengacu pada kenari dari hasil silangan antara kenari AF dengan AF (anakan disebut lokal super) dan juga kenari dari hasil Lokal super yang dikawinkan dengan Lokal super (anakan disebut lokal). Ukuran bentuk dan bodi kenari hasil silangan ini tentu saja sangat kecil karena hereditas YS dari indukannya semakin terdegradasi.

Mengenal Istilah pada Anakan Hasil Silangan Kenari Yorkhsire Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment