Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, June 27, 2015

Mengenal Tanda-tanda Cendet Siap Kontes atau Lapangan

Cendet adalah burung fighter yang mempunyai kecerdasan sangat baik dalam menirukan suara burung maupun non-burung yang pernah didengarnya. Burung ini juga mempunyai tipikal suara khas yang membuatnya banyak diminati oleh para kicau mania, baik sebagai burung rumahan dan lebih-lebih sebagai burung kontes. Rawatan burung ini pun sangat simpel, tidak jauh berbeda dengan burung-burung lainnya. Bahkan burung ini tidak memakai umbaran yang memungkinkan perwatannya jauh lebih simpel daripada burung-burung lain yang membutuhkan sangkar umbaran seperti kacer dan murai.


Untuk cendet kontes, perawatannya pun tidak jauh berbeda dengan cendet rumahan. Hanya saja, diperlukan pemahaman yang lebih terhadap kondisi cendet, utamanya dalam mengenali siap dan tidaknya cendet dikonteskan. Sebab pada dasarnya, sebagaimana burung-burung lainnya, cendet juga tidak boleh sembarangan dibawa ke kontes namun harus didasarkan atas kesiapannya. Jika cendet dalam kondisi siap, maka cendet tersebut boleh diadu namun jika belum, sebaiknya urungkan niat Anda. Hal ini bertujuan di samping menjaga cendet agar tidak menjadi rusak di kemudian hari, juga bertujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Foto: fjb.kaskus.co.id

Karena itulah, jika Anda suka melombakan cendet, maka seyogyanyalah Anda harus bisa mengenali kondisi cendet yang siap kontes. Kondisi cendet yang siap kontes mempunyai beberapa ciri, baik fisik maupun non-fisik, yang sangat menonjol. Beberapa ciri cendet siap kontes dimaksud ialah sebagai berikut.

Frekuensi bunyi
Tanda yang pertama cari cendet yang siap kontes ialah ditandai dengan frekuensi bunyi yang semakin intens. Dalam hal ini, cendet Anda semakin rajin dan tambah ngotot berbunyi setiap hari. Cendet ini akan semakin semangat berbunyi ketika melihat orang yang baru dilihatnya. Burung cendet akan semakin gacor jika dikudang. Namun demikian, kondisi yang disebut dengan mempeng ini tidak mutlak menjadi ciri cendet siap kontes, tetapi ini setidaknya sebagai sinyal dari kondisi burung yang sedang fit.

Sepahan
Banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh pemula mengenai sepahan cendet. Namun intinya, sepahan untuk cendet adalah hal yang biasa. Itu adalah ampas yang dihasilkan dari makanan yang berupa vor yang tidak bisa dicerna oleh cendet. Dan sepahan ini pun bisa dijadikan sebagai tanda dari kondisi cendet yang siap kontes. Pada cendet yang fit dan bahkan mungkin sudah siap sekali untuk kontes, biasanya sepahannya berukuran kecil dan padat. Sedangkan jika sepahan besar dan bahkan mungkin lembek, ini menunjukkan bahwa cendet tersebut belum berada pada kondisi top perfom.

Kondisi Ekor
Kondisi ekor juga bisa menjadi ciri pembeda antara cendet yang siap kontes dan yang tidak. Pada cendet yang siap tarung, biasanya ekornya akan menyatu alias kempel. Kondisi ekor seperti ini seperti angka satu. Jika ekor cendet ternyata masih mekar atau ngipas (seperti kipas), ini menandakan bahwa cendet Anda belum fit.

Kondisi Sayap
Selain ekor, sayap juga bisa menjadi ciri dari kondisi cendet. Cendet dalam kondisi siap kontes biasanya sayap akan menyilang di belakang.

Bulu Dada
Yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan apakah cendet dalam kondisi siap atau tidak dibawa ke lapangan, harus dilihat kondisi bulu dadanya. Dalam kondisi normal, bulu dada cendet akan rapi. Namun ketika cendet sudah siap kontes, maka bulu dadanya akan berubah menjadi belah tengah.

Tatapan Mata
Sorot mata cendet siap kontes juga akan tajam. Jika cendet Anda seperti ini, kemungkinan besar cendet Anda akan bekerja dengan baik di lapangan. Karenanya, kenali tatapan matanya. Jika tatapannya masih biasa maka urungkan niat Anda untuk mengonteskannya terlebih dahulu. Tunggu sampai tatapan mata burung menjadi lebih tajam.


Mengenal Tanda-tanda Cendet Siap Kontes atau Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment