Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, July 30, 2015

Cara Menjaga Stamina Burung Pemakan Serangga yang Mempunyai Jam Terbang Tinggi saat Lomba

Jam terbang burung antara yang satu dengan lainnya berbeda-beda. Burung yang masih muda, biasanya tidak mempunyai jam terbang. Burung-burung ini biasanya hanya sesekali diikutkan Latber atau mungkin Latpres. Mengapa? Burung muda sangat sensitif sehingga rentan mengalami gangguan mental. Karenanya, burung muda ini biasanya hanya boleh dilombakan paling tidak hanya sekali hingga dua kali dalam sebulan karena dikhawatirkan mentalnya rusak akibat frekuensi pertempurannya yang sering. Lagi pula, di lapangan burung ini akan berhadapan dengan burung-burung yang jauh lebih tua sehingga potensi kerusakan pada mental semakin besar.


(Gambar: easyhealthfitness.com)

Burung tua bisa mempunyai jam terbang tinggi
Untuk burung usia sudah mapan, tidak masalah jika harus dikonteskan terus namun tetap dalam batas wajar. Sebab, burung ini sudah mempunyai mental yang kuat, apalagi jika misalnya sudah dilatih sedari kecil. Namun demikian, sekuat apapun mental burung, lama-kelamaan staminanya juga akan habis. Ketika ini terjadi, kerusakan pada mental juga bisa saja terjadi.

Burung yang mempunyai jam terbang tinggi bukan hanya disebabkan karena usia burung tersebut yang sudah mapan namun yang lebih sering disebabkan karena sang empunya mempunyai burung yang terbatas sementara keinginan untuk mengikuti kontes sangat tinggi. Untuk satu hingga dua bulan ke depan, burung yang mempunyai jam terbang tinggi ini bisa saja masih stabil di lapangan, namun seiring bertambahnya waktu, burung ini akan menjadi loyo. Mengendornya stamina seperti di atas menjadi salah satu alasan mengapa burung tersebut tidak bisa tampil maksimal lagi di arena lomba.

Bagaimana cara menjaga staminanya?
Untuk itu, jika Anda sering menurunkan burung Anda ke arena lomba, sewajarnyalah Anda harus bisa menjaga agar stamina burung tetap terjaga sehingga selalu dalam kondisi prima. Kendornya stamina kadang kala tidak tampak secara kasat mata namun dengan pengamatan yang saksama, hal ini sangat bisa dirasakan oleh sang empunya.

Menjaga stamina burung-burung seperti ini, selain akan membuat burung selalu dalam kondisi prima, juga akan menjaga kesehatan burung. Untuk itu, menjaga stamina burung-burung jam terbang tinggi sangat penting. Bagaimana caranya? Sangat mudah. Anda tinggal mencari telur ayam (lebih disarankan telur ayam kampung) lalu ambil putihnya dan taruh dalam cepuk kecil lalu berikan pada burung tersebut.

Untuk pertama kali, burung Anda mungkin tidak akan langsung mau. Namun dengan cara mengosongkan semua cepuk pakan maupun minum saat dijemur, memungkinkan burung yang haus dan lapar akan mau memakannya. Karenanya, jika Anda ingin mencoba memberikan putih telur ini, cobalah di pagi hari sehabis burung dijemur. Burung yang haus dan lapar ini, sangat diharapkan mau melahap apapun yang ada di hadapannya.

Selamat mencoba...!!!

Cara Menjaga Stamina Burung Pemakan Serangga yang Mempunyai Jam Terbang Tinggi saat Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment