Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, September 26, 2015

Cara Memaksimalkan Power pada Burung Berkicau


Salah satu yang menjadi kriteria penilaian dalam lomba burung berkicau adalah kualitas power. Meskipun power ini bukan masalah penilaian utama, namun umumnya power tetap harus diperhatikan dengan baik. Semakin keras power seekor burung, akan semakin bagus dan semakin tinggi pula nilainya saat kontes di lapangan. Mengapa bisa begitu? Sebab, power yang keras adalah salah satu kriteria dari sebuah penilaian di mana burung tersebut bisa dikatakan bagus. Burung dengan power yang keras akan mudah dikenali di lapangan serta memberikan sensasi tersendiri, baik pada juri, maupun pada para penonton yang ikut mendengarkan ocehannya.

Problemnya, power sering kali menjadi masalah utama pada sejumlah burung. Banyak burung dengan materi bagus dan show juga menawan, namu mempunyai power yang kurang pekak dan lantang di telinga. Jika Anda mendapati burung seperti ini, tentu saja ini menjadi sebuah problem tersendiri sebab power tidak bisa ditingkatkan supaya lebih keras. Hal ini disebabkan karena kualitas power merupakan bawaan yang tidak mungkin bisa diubah oleh manusia. Hal ini berbeda halnya dengan burung-burung yang mendapatkan perawatan yang kurang dan burung yang masih muda. Power burung-burung ini masih bisa ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi. Sebab, burung yang kurang terawat biasanya tidak mendapatkan asupan nutrisi dengan optimal sehingga badan dan psikologisnya kurang sehat. Begitu juga, burung yang kurang terawat kesehatannya juga kurang prima sehingga bisa mengendorkan power burung.

Lalu bagaimana dengan burung yang masih muda? Sebagaimana diketahui bersama bahwa usia burung yang umurnya masih di bawah satu tahun adalah masa-masa perkembangan. Karenanya, pada burung-burung dengan umur seperti itu, perkembangan organ tubuhnya masih belum maksimal. Karenanya, jika pada umur tersebut power burung masih kurang, itu hal yang wajar. Namun demikian, jangan sampai kondisi ini dibiarkan begitu saja sebab jika tidak segera ditangani, perkembangan powernya tidak bisa maksimal sebagaimana diharapkan.

Untuk itu, untuk meningkatkan dan memaksimalkan power burung, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut.

Berikan perawatan yang benar dan konsisten
Merawat burung tidak semudah yang kita bayangkan. Merawat burung tidak asal-asalan dan memerlukan pengetahuan khusus agar burung yang Anda pelihara tidak hanya bisa bernyanyi dengan rajin namun burung dalam kondisi selalu fit. Kondisi fit inilah yang pada gilirannya membuat burung bisa mengeluarkan power dengan maksimal. Untuk itu, berikanlah perawatan pada burung Anda dengan baik dengan cara memahami setiap kondisi dan kemauan burung setiap hari. Terlebih lagi, lakukan perawatan tersebut dengan konsisten agar burung merasa lebih nyaman.

Berikan ekstra foding secukupnya
Ada banyak kicaumania yang beranggapan bahwa ekstra foding, yang dalam hal ini adalah jangkrik, bisa meningkatkan power burung. Anggapan ini sudah umum dan sudah berkembang secara turun-temurun namun sama sekali tidak didasarkan atas sebuah fakta ilmiah maupun medis.

Anggapan di atas kurang tepat. Pada hakikatnya, nutrisi jangkrik yang diasup burung tidak mampu menjadi zat yang bisa meningkatkan power. Nutrisi tersebut justru berubah menjadi energi yang membuat burung menjadi lebih rajin berbunyi dan menguatkan tekanan pada power. Untuk itu, jika Anda ingin memaksimalkan power burung Anda, berikanlah ekstra foding yang cukup namun jangan berlebihan. Pemberian ekstra foding yang berlebihan kurang baik karena justru berpotensi menghancurkan power burung itu sendiri. Sebab, power bisa jadi tambah mengecil karena terlalu over. Selain itu, berikanlah ekstra foding secara variatif supaya burung bisa mendapatkan berbagai nutrisi lain yang sangat dibutuhkan untuk perkembangannya.

Jemur secukupnya
Menjemur burung adalah suatu keharusan bagi semua kicaumania sebab sinar matahari sangat dibutuhkan oleh burung. Waktu penjemuran yang sangat direkomendasikan adalah antara jam 7 pagi sampai 10 siang. Jangan terlalu lama menjemur burung, maksimal cukup 3 jam saja. Sebab pejemuran yang berlebih, apalagi di bawah terik matahari yang sudah tidak sehat karena banyak mengandung sinar ultra violet, berpotensi membuat burung drop dan kekebalannya juga menurun. Bahkan tragisnya lagi, sebagaimana pemberikan ekstra foding yang berlebihan, penjemuran yang berlebih juga bukannya akan membuat power burung menjadi tambah bening dan maksimal, tetapi bisa menjadi serak dan bahkan tambah mengecil.

Rutin mandi malam
Mandi malam ternyata tidak hanya bagus untuk burung-burung yang over birahi namun juga bisa memaksimalkan power burung. Tapi ntah apa hubungan mandi malam dengan perkembangan power burung, namun yang jelas banyak kicaumania yang membuktikannya.

Cara Memaksimalkan Power pada Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment