Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, September 27, 2015

Manfaat Mandi Malam untuk Burung Berkicau

(foto: plus.google.com)

Mandi malam sudah populer di kalangan kicau mania sehingga tidak sedikit dari mereka yang sering menerapkannya pada burung-burung kesayangannya. Selain karena faktor kesibukan di siang hari, mandi malam dipilih dan dilakukan oleh mereka karena maksud-maksud tertentu. Sebab kenyataannya, mandi malam memang bukan aktivitas biasa namun perawatan yang memberikan banyak manfaat pada burung-burung Anda.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa di alam bebas, burung tidak pernah melakukan mandi malam. Mereka umumnya hanya mandi saat siang hari ketika cuaca panas menyengat karena mungkin merasa gerah. Untuk itu, aktivkitas mandi malam tidak ada dalam kehidupan burung di habitatnya. Lalu jika memang demikian, apakah hal ini tidak berbahaya bagi kesehatan burung jika diterapkan pada burung peliharaan? Lagi pula saat malam hari, tidak ada sinar matahari yang bisa membantu burung agar burung tidak merasa kedinginan. Tentu saja ini akan menjadi masalah lain yang harus dipertimbangkan.

Logikanya memang demikian. Namun sepanjang mandi malam dilakukan dengan tepat, tentu saja hal ini tidak menjadi masalah. Mandi malam akan menjadi aman jika Anda memperhatikan beberapa hal yang menjadi prinsipnya. Hal yang paling penting adalah pastikan burung sedang dalam kondisi sehat. Burung dalam kondisi kurang sehat dikhawatirkan akan terjadi kondisi yang lebih buruk jika dilakukan mandi mala. Selanjutnya, pastikan bulu burung tidak terlalu lepek sebab malam adalah waktu di mana cuaca sangat dingin.

Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah masalah wakdu dan kondisi. Jangan pernah Anda memandikan burung dalam suasana hujan atau baru habis hujan. Sebab, cuaca dingin seperti itu jika burung dilakukan mandi malam, dikhawatirkan mengalami kedinginan. Akibat yang paling fatal jika sampai ini terjadi, nasib burung bisa berujung pada kematian. Namun jika Anda misalnya sudah terlanjur, segera buatkan pembakaran dan nyalakan api. Panas dan bara api bisa membantu meringankan kondisi burung yang mengalami gigil.

Lalu apa saja manfaat mandi malam pada burung berkicau? Beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari burung Anda yang dilakukan mandi malam ialah sebagai berikut.

Burung lebih rajin berkicau
Burung yang dimandikan malam secara teratur bisa membuat burung yang semula kurang rajin bisa menjadi lebih rajin. Sebab, dengan mandi malam burung menjadi lebih nyaman dan sehat. Karenanya, burung merasa lebih segar sehingga hasrat untuk berkicau lebih sering bisa lebih maksimal.

Terapi untuk burung macet
Mandi malam juga cocok pada burung-burung yang macet sebab mandi malam mampu menumbuhkan hasrat berkicau dengan maksimal. Karenanya, jika Anda mempunyai burung yang macet dengan sebab apapun, segera lakukan mandi malam ini. Dalam beberapa hari, burung Anda biasanya akan segera berbunyi dan kembali ke performa sebelumnya.

Menyetabilkan birahi
Seekor burung kadang kala mempunyai kondisi birahi yang tidak stabil dengan berbagai penyebab yang kurang jelas. Tetapi dengan mandi malam, burung akan dibuat lebih merasa fit sehingga kondisi birahinya lebih stabil. Kondisi ini salah satunya ditandai dengan semakin rajinnya ia berkicau.

Menurunkan birahi
Jika kurang mandi atau pemberian ekstra foding berlebih, burung sangat berpotensi mengalami over birahi. Hal ini biasanya ditandai dengan kondisi burung yang galak, mengejar orang yang lewat, atau bahkan mencabuti bulu-bulunya. Dengan mandi malam yang rutin, birahinya bisa ditekan sampai ke level normal.

Burung lebih siap untuk kontes
H-1 menjelang kontes, pemain kerap kali memberikan mandi malam untuk burung-burungnya. Hal ini selain bertujuan agar birahi burung tidak terlalu over, juga agar burung menjadi lebih siap untuk berlaga di lapangan. Apalagi untuk burung jenis cendet, misalnya, hampir semua pemain memandang mandi malam pada waktu H-1 adalah sebuah keharusan. Sebab, jika tidak, burung menjadi mudah monting sehingga kerja kurang maksimal di lapangan.

Burung liar bisa jinak
Mandi malam yang dilakukan dengan rutin juga bisa membantu menjinakkan burung yang giras. Sebab dengan mandi malam, emosi dan keliaran burung bisa dikendalikan. Hal ini sangat cocok untuk burung-burung tangkapan hutan.

Itulah beberapa manfaat mandi malam untuk burung peliharaan Anda. Dengan mandi malam, burung Anda akan menjadi lebih bagus sehingga bisa bisa dibanggakan. Pun hal ini akan menambah kecintaan Anda dalam memelihara burung. Namun sebagai catatan, untuk mendapatkan manfaat demikian, mandi malam harus dilakukan dengan rutin. Jika tidak, mandi malam tidak akan memberikan manfaat yang lebih pada burung Anda.

Manfaat Mandi Malam untuk Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment