Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, September 25, 2015

Membuat Bubur Lolohan untuk Cendet Ala Orang Madura


Orang Madura tidak hanya pandai membuat meteri-materi unik untuk isian cendet mereka namun juga mempunyai cara yang juga unik dan terbilang tidak biasa bagi sebagian orang dalam membuat pakan lolohan untuk cendet. Jika umumnya para cendet mania membuat adonan atau oplosan dari voer burung yang dicampur dengan kroto, namun orang Madura tidak demikian. Mereka tidak menggunakan oplosan vor burung yang umum diberikan namun mereka menggunakan pelet lele. Bahkan ada sebagian cendet mania yang memberikan pelet lele ini sampai dewasa.

Meski pakan lele ini dibuat khusus ikan, namun kenyataannya tidak menjadi masalah jika diberikan pada burung. Terbukti, banyak cendet mania yang sudah lama memberikan pelet lele ini untuk cendet hingga sekarang. Alasan mereka cukup simpel ialah lebih ekonomis, apalagi jika mereka memelihara piyikan dalam jumlah yang sangat banyak. Sebab pada dasarnya, cendet mania di Madura memang rata-rata tidak hanya memelihara satu cendet saja di rumah dan bahkan ada yang sampai puluhan ekor. Selain itu, mereka juga menganggap bahwa pakan lele ini lebih bagus daripada pakan burung biasa karena komposisinya yang banyak ikannya.

Ternyata pemberian pelet lele pada cendet, khususnya cendet loloh, saat ini tidak hanya dilakukan oleh orang Madura namun sudah banyak ditiru cendet mania luar Madura. Namun demikian, tidak semua cendet mania bisa menerima informasi ini dengan terbuka karena pada hakikatnya pakan ini memang bukan pakan burung melainkan pakan ikan. Mereka takut jikalau di kemudian hari terdapat dampak negatif yang mungkin ditimbulkan. Karenanya, untuk lebih menjaga keamanan, mereka tetap memilih menggunakan pakan burung biasa untuk cendet-cendet mereka.

Lalu bagaimana cara untuk membuat bubur lolohan untuk cendet dari bahan pelet lele ini? Sebanarnya cara pembuatannya sama saja dengan pembuatan adonan voer burung biasa. Hanya saja, karena pelet lele ini tidak mudah hancur, maka pelet ini harus direndam terlebih dahulu dengan air yang lebih banyak dari ukuran banyaknya pelet. Baru setelah pelet tersebut hancur, buang airnya lalu aduk dan masukkan kroto secukupnya. Setelah itu, bubur adonan lolohan cendet siap diberikan.

Selamat mencoba!!!

Membuat Bubur Lolohan untuk Cendet Ala Orang Madura Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment