Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, September 11, 2015

Mencari Cendet Bahan: Menilai Karakter Cendet Melalui Bentuk Ekor

Burung cendet adalah burung yang mempunyai perilaku agresif dan juga galak. Burung ini mempunyai kebiasaan salto dan munting yang kerap kali membuat pusing sang empunya. Perilaku ini akan lebih memusingkan lagi ketika terjadi di lapangan. Burung tidak mau diam, lompat seperti sirkus. Namun begitu, tidak semua cendet mempunyai perilaku demikian. Ada beberapa cendet yang anteng sehingga enak dipandang. Cendet tipe inilah yang oleh cendetmania disebut cendet aman.

Cendet yang polah biasanya menuntut kesabaran ekstra, utamanya ketika di lapangan. Cendet dengan karwakter ini biasanya akan sulit menemukan stelan yang pas namun ketika sudah ditemukan, maka akan menjadi dahsyat. Sebab pada dasarnya, cendet polah ini biasanya mempunyai materi yang bagus dan panjang-panjang.

ekor mekar indikasi cendet polah


Sedangkan cendet aman biasanya tidak memerlukan perlakukan khusus, karena burung ini biasanya pun mudah distel. Namun kelemahannya, cendet model seperti ini lemah di materi yang pendek-pendek. Jika misalnya ada cendet aman dengan isian yang panjang-panjang, tentu saja akan sangat jarang ditemui. Dan cendet tipikal seperti inilah yang banyak dicari oleh cendetmania.

Perilaku-perilaku cendet seperti di atas, biasanya sudah tampak dalam kesehariannya. Burung polah di lapangan dalam kesehariannya memang sudah menunjukkan perilaku seperti itu. Begitu juga dengan cendet aman, dalam kesehariannya juga memang sudah anteng. Namun demikian, cendet anteng di rumah belum tentu anteng juga di lapangan. Karenanya, Anda perlu mengetahui beberapa hal untuk menilai karakter cendet, apakah dia tipikal cendet polah atau tidak.

Karakter cendet sejatinya bisa diketahui dari bentuk ekornya. Pada burung-burung yang polah, biasanya mempunyai ekor yang mekar dan tidak bisa menyatu. Sekalipun menyatu, bentuk ekor tetap renggang dan tidak bisa rapi. Sedangkan pada burung-burung tipikal anteng, biasanya bentuk ekornya rapi dan menyatu.

Dari itu, jika Anda sedang hunting bahan lapangan, kenalilah bentuk ekornya. Jika Anda hendak mencari bahan dengan tipikal aman sehingga tidak polah saat diadu di lapangan, carilah burung dengan ekor yang membentuk angka satu alias menyatu. Sebaliknya, jika Anda menemukan cendet dengan materi bagus, pertimbangkan lagi untuk mengamati ekornya. Tipsburung.com menyarankan, hindari cendet dengan ekor yang mekar alias tidak rapi. Mengapa? Burung tersebut biasanya susah main kalau di lapangan, kecuali Anda sudah ahli dalam menyetel cendet.


Mencari Cendet Bahan: Menilai Karakter Cendet Melalui Bentuk Ekor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment