Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, September 19, 2015

Mengatasi Burung Serak secara Alami

 (foto: ocehankenari.blogspot.com)

Burung berkicau adalah burung penyanyi dan karenanya ia menjadi mahal. Burung yang nyanyiannya cenderung biasa saja dan bahkan mungkin pas-pasan, kemungkinan ia akan menjadi burung biasa yang harganya murah. Namun burung dengan nyanyian yang bagus, tentu saja harganya bisa fantastis dan melebihi harga seekor lembu atau bahkan sapi. Bahkan pada burung-burung tertentu, harganya bisa melebihi harga sebuah mobil Avanza.

Karena burung berkicau adalah burung penyanyi, maka tentu saja standart penilaian bukan hanya pada kebagusan nyanyiannya semata namun juga pada kualitas suara dan aksi panggungnya. Meski begitu, lagu dan suara dalam konteks ini menempati posisi paling vital. Sedikit saja lagu dan suara pada burung mengalami gangguan seperti halnya serak, nyanyian burung tersebut tidak akan enak kedengarannya di telinga. Nyanyian burung tersebut tidak akan seindah dan semerdu biasanya karena suara kurang los.

Belum diketahui secara medis apa yang menyebabkan burung menjadi serak. Namun yang jelas, sekalipun ini bukan gangguan yang serius, Anda perlu waspada. Mengapa? Jika burung Anda ini adalah burung kontes, tentu saja ini akan menurunkan kualitas penilaian di lapangan saat lomba sebab nyanyian dan suara burung Anda akan terdengar kurang bagus akibat serak tersebut. Karenanya, serak pada burung (sekalipun hanya burung rumahan) ini perlu ditangani dengan segera dan juga dengan cara yang baik.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi serak pada burung Anda ini. Anda bisa memilih, apakah dengan cara herbal/alami atau menggunakan obat-obatan bebas yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Namun tipsburung.com menyarankan, lebih baik Anda menggunakan cara alami sebab ini akan lebih aman.

Adapun cara alami untuk mengatasi serak dapat Anda lakukan dengan dua cara sebagaimana berikut.
  • Gunakanlah air larutan penyegar sebagai pengganti air minumnya. Air larutan ini sangat dianjurkan untuk diberikan pada burung selama serak karena bisa membantu menyembuhkan serak. Namun demikian, jangan sesekali Anda memberikan air larutan ini dalam jangka waktu lama sebab dimungkinkan banyak efek samping yang bisa ditimbulkan. Karenanya, setelah serak pada burung sembuh, segera hentikan pemberian larutan penyegar tersebut. 
  • Saat burung Anda mengalami serak, jemurlah burung Anda di mana voer dan air minum harus dilepas terlebih dahulu. Setelah diangkat dari jemuran, angin-anginkan terlebih dahulu burung Anda barang sejenak. Selanjutnya, masukkan voer terlebih dahulu dan tunggu sampai burung makan voer tersebut. Setelah Anda memastikan bahwa burung Anda sudah makan voer, barulah Anda memasukkan air minum. Cara ini bertujuan agar burung menjadi lebih lahap makan karena lapar sehingga lendir dalam tenggorokannya bisa terbuang dan masuk ke dalam perut burung bersama voer tersebut.

Mengatasi Burung Serak secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment