Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, September 24, 2015

Perawatan Breeding Love Bird Lutino


Rawatan harian dan breeding pada burung love bird berbeda. Intuk itulah maka dalam konteks ini Anda perlu mengetahui bahwa rawatan Love Bird Lutino tergolong lebih sulit dibandingkan dengan lovebird lainnya. Hal ini disebabkan karena love bird jenis ini umumnya sangat sensitif karena rentan terhadap penyakit. Sebab, burung ini mempunyai daya tahan tubuh yang rendah karena memiliki kelainan pigmen. Untuk itu, perawatan harus ekstra di mana kandang dan tempat pakan dan minum harus secara rutin dibersihkan setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari timbulnya berbagai penyakit baik akibat adanya kuman maupun bakteri yang bersarang. Begitu juga dengan asupan makanannya, harus dijaga dengan baik. Untuk penjemuran, burung ini jangan dijemur terlalu lama.

Lalu bagaimana prinsip perawatan untuk Love Bird lutino breeding? Berikut cara perawatannya.

Masalah mandi
Untuk love bird breeding, mandi tidak dianjurkan dilakukan setiap hari. Bahkan jika burung ini sudah dalam masa produksi, mandi mutlak tidak perlu. Cukup sediakan cepuk besar saja yang sudah diisi dengan air dan biarkan love bird tersebut mandi sendiri. Meski mandi, burung yang sudah berproduksi ini tetap tidak dianjurkan untuk dijemur sebab dikahwatirkan jika sampai kandang ternak dipindah, dapat mengganggu proses produksinya. Karenanya, biarkan saja sampai bulu kering sendiri.

Masalah penjemuran
Burung Love Bird apalagi jenis lutino tidak dianjurkan untuk dijemur setiap hari. Penjemuran hanya disarankan sesekali saja karena burung Love Bird memang tidak membutuhkan penjemuran seperti burung ocehan. Apalagi jika burung sudah produksi, penjemuran semakin tidak boleh dilakukan dan bahkan mutlak tidak perlu. Mengapa? Penjemuran bisa mengganggu proses produksi. Jika sampai terganggu, Love Bird betina tidak hanya akan berhenti mengeram namun juga akan berhenti meloloh jika anak-anaknya sudah menetas. Bahkan bisa saja anak-anaknya tersebut dibununya.

Masalah pakan dan sayuran
Selama produksi, pakan baik berupa biji-bijian, buah, dan sayuran harus dijaga dengan betul supaya proses produksi bisa berjalan dengan baik. Begitu juga dengan tulang sotong dan multivitamin, juga mutlak diberikan.

Itulah perawatan love bird breeding. Dengan memperhatikan perawatan dengan baik dan benar, bisa dipastikan kondisi burung Anda tetap berada dalam kondisi yang prima sehingga burung yang Anda ternak bisa berproduksi secara maksimal.

Perawatan Breeding Love Bird Lutino Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment