Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, November 13, 2015

Cara Mencari Setelan untuk Burung Lomba



Inti mencari setelan adalah memahami karakter burung Anda. Dengan begitu, Anda akan bisa dengan mudah menemukan setelan yang pas sehingga burung Anda benar-benar bisa bekerja dengan maksimal ketika kontes di lapangan. Namun bagi sebagian orang, terutama pemula, ini adalah sesuatu yang sulit untuk diterapkan, apalagi bagi mereka yang belum mengetahui karakter dasar burungnya. Dalam konteks ini perlu diingat bahwa setiap burung, sekalipun sejenis, tidak sama karakternya. Hal ini menjadi alasan utama mengapa sebelum Anda mencari setelan, Anda terlebih dahulu perlu mengetahui karakter burung Anda.

Pada burung berkicau, setelan dapat analogikan seperti Anda meng-adjust atau menyetel karburator pada sepeda motor. Supaya karburator pada sepeda motor tersebut bisa bekerja dan berfungsi dengan optimal, maka diperlukan beberapa hal: pasokan “bensin“, “pengapian” pada busi, dan “udara”. Jika ketiga unsur ini tepat dan seimbang, sangat dimungkinkan karburator bisa bekerja secara optimal dan motor pun bisa berjalan dengan baik. Pada burung berkicau, Anda bisa mengibaratkan pakan utama yang berupa voer atau biji-bijian dan extra fooding (EF) sebagai bensin. Sedangkan mandi, bisa diibaratkan dengan udara dan penjemuran plus pengumbaran sebagai pengapian. Jika ketiga unsur ini tidak tidak tepat dan tidak seimbang, kemungkinan besar burung Anda tidak bisa bekerja dengan baik di lapangan. Burung Anda tidak mempunyai durasi kerja yang optimal sehingga sedikit kemungkinannya untuk bisa mendapatkan bendera.


Untuk mengetahui sudah seimbang atau sesuai dan tidaknya setelan burung lomba, tentu saja tidak cukup hanya dengan cara melihatnya ketika digantang di rumah setiap hari. Begitu juga, kerja dan tidaknya burung di lapangan, tidak bisa diukur dengan tingkat kegacorannya di rumah. Semua itu perlu pengujian di lapangan dengan cara diikutkan latber (latihan bersama). Dan itulah alasan utama mengapa pada hari-hari tertentu banyak diadakan latberan di sejumlah daerah. Semuanya dilakukan sebagai upaya untuk mencari setelan untuk burung berkicau sebelum memasuki tahap lomba.

Yang tidak kalah pentingnya untuk dipahami adalah pencarian setingan atau setelan di lapangan tidak cukup hanya dua atau tiga kali gantang namun harus terus dilakukan sampai Anda benar-benar menemukan setingan yang pas untuk burung Anda. Sebab, dengan melakukan ini secara rutin, Anda tidak hanya akan mendapatkan setingan yang diinginkan namun juga melatih mental burung supaya juga benar-benar siap untuk menghadapi lawan-lawannya.

Ada beberapa hal yang menunjukkan setelan atau setingan burung Anda sudah pas. Pertama, yang jelas burung Anda harus koncer beberapa kali. Kedua, burung Anda harus bekerja dengan baik, gacor dari awal penjurian sampai selesai alias mempunyai durasi kerja maksimal. Burung Anda juga sudah nagen alias tidak loncat-loncat, apalagi salto, atau bahkan mengejar juri yang lewat atau ada di bawahnya. Ketiga, burung Anda benar-benar ngotot dan mati-matian bertarung dengan burung lainnya.

Itulah beberapa tanda dari setingan burung Anda yang sudah pas. Jika ini sudah Anda dapatkan, maka setingan Anda sudah berhasil dan tinggal mempertahankannya untuk dipakai jika sesekali mau diikutkan lomba. Dan ingat, setingan ini hanya untuk lomba dan tidak untuk dipakai setelan harian di rumah.

Cara Mencari Setelan untuk Burung Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment