Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, November 7, 2015

Kriteria Cendet Bagus: Mempunyai Lagu Tonjolan (Tembakan) dan Ngerol

Burung cendet tidak bisa dikatakan sebagai burung yang bagus jika ia hanya mampu ngerol sekalipun dibawakan dengan bagus. Begitu juga, cendet tidak bisa dikatakan bagus jika ia mempunyai materi tembakan saja sedangkan materi rolnya jelek. Penilaian seperti ini telah lama dijadikan patokan dalam penilaian burung cendet di mana irama menjadi poin paling penting. Karenanya, ini harus dipenuhi supaya burung cendet tersebut bisa disebut cendet yang bagus.



Tembakan yang dipakai untuk materi burung cendet ini bukan sembarang tembakan dan juga tidak asal ada pada burung tersebut. Tembakan tersebut harus menjadi tonjolan dan dibawakan dengan sempurna alias mirip dengan suara burung aslinya dan panjang-panjang. Selain itu, tembakan tersebut harus dahsyat, tajam, dan keras dengan speed rapat. Beberapa tembakan yang mempunyai speed rapat dan mempunyai nilai tinggi di antaranya, suara burung gereja tarung/tarung, cililin, kuntilanak, love bird, tengkek buto, dan lain sebagainya. 

Begitu juga untuk materi roll-nya, materi bukan asal materi. Materi roll yang paling baik untuk cendet tetaplah harus materi hidup dengan speed yang juga rapat. Beberapa masteran dan suara burung yang masuk dalam kategori ini ialah suara asli sogok ontong, kolibri ninja, katkat (materi khas Madura), dan lain sebagainya. Dengan materi roll yang rapat seperti ini, irama lagu akan semakin indah jika didengarkan dan bahkan bisa menambah nilai dalam sebuah kontes burung berkicau.

Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa cendet yang bagus adalah cendet yang mempunyai irama lagu yang bagus. Dan karenanya, variasi lagu dengan tembakan merupakan syarat mutlak yang harus ada pada burung cendet karena lagu yang disertai tembakan sebagai suara yang paling menonjol.

Jika Anda hendak membuat cendet Anda supaya mempunyai materi seperti di atas, Anda harus bisa memasternya dengan baik dan telaten. Namun demikian, masuk dan tidaknya suara masteran ini sangat ditentukan oleh kecerdasan burung dalam merekam masteran yang diberikan. Selain itu, hal ini juga sangat ditentukan oleh cara Anda dalam memaster. Sebab tidak bisa dipungkiri, ada beberapa burung yang memang mempunyai tingkat kecerdasan di bawah rata-rata sehingga sangat sulit untuk menirukan masteran atau suara burung lain.


Kriteria Cendet Bagus: Mempunyai Lagu Tonjolan (Tembakan) dan Ngerol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment