Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, November 14, 2015

Membedakan jenis kelamin Anis Merah



Anis Merah (Zoothera Citrina) yang disebut juga Punglor Merah atau Anis Bata ini merupakan jenis burung kicauan yang sejauh ini dikenal mampu dan mempunyai irama kicauan yang sangat bervariasi. Selain itu, burung ini juga mampu menirukan berbagai suara burung lain dengan sangat baik. Pun burung ini mempunyai gaya tarung yang sangat unik sehingga banyak orang menilai bahwa burung ini memiliki seni yang sangat indah.

(Foto: youtube.com)

Di mana letak keindahannya? Burung Anis Merah adalah burung eksentrik. Ketika ia berkicau, burung ini bisa membawakan lagu dengan gaya teler, menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri dengan sayap setengah terbuka. Perilaku ini tentu sangat mengesankan dan membuatnya banyak diminati oleh hampir semua penggemar burung. Sebab, gaya ini sangat khas dan unik yang mungkin tidak dimiliki oleh burung lainnya.

Karakter dasar burung Anis Merah ini rentan dengan perubahan alam baru atau perubahan lingkungan. Ia adalah burung yang sangat sensitif sehingga butuh waktu yang lama untuk bisa beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Bukan hanya lingkungan dalam arti yang luas, perlakuan yang agak kasar dan perubahan pada beberapa ornamen dalam kandang berporenti menyebabkan burung Anis Merah ini menjadi stres. Bahkan lebih parahnya lagi, burung ini pembosan dan selalu memerlukan suasana yang selalu baru. Karenanya, jika burung Anis Merah ini berada dalam sebuah tempat tertentu hingga waktu yang agak lama, maka burung ini menjadi malas berkicau.

Burung ini pun mempunyai karakter yang (sangat) manja. Arti manja di sini hampir sama dengan cendet di mana kalau sama melihat orang yang setiap hari merawatnya, burung Anis Merah tidak mau teler. Mengapa demikian? Burung tersebut secara psikologis menganggap bahwa sang empunya atau orang yang merawatnya sebagai pasangan. Dan bahkan sifat manjanya ini, menjadikan burung ini mudah jinak kepada pemilik atau perawatnya.

Sama seperti burung lainnya, birahi burung anis cenderung mudah naik dengan adanya beberapa hal, seperti pemberian EF dan penjemuran yang berlebihan, serta jika melihat burung sejenis. Jadi, stelan harian sangat menentukan tingkat kestabilan birahi burung ini.

Sebagaimana pleci, Anis Merah termasuk burung dalam kategori monomorfik, satu bentuk. Karena itu, membedakan jenis kelamin burung ini sangat susah. Meskipun ada beberapa patokan sebagai ciri utamanya, namun ini tidak bisa memberikan jaminan keberhasilan yang akurat, melihat dari warna misalnya. Namun setidaknya, beberapa hal berikut bisa dijadikan sebagai bahan acuan untuk menentukan jenis kelamin Anis Merah ini.
  1. Postur tubuh yang lebih panjang dan serasi
  2. Ekor lebih panjang
  3. Tulang belakang dan supitnya kecil rapat
  4. Warna bulu lebih tegas dengan paruh berwarna lebih gelap
  5. Warna bulu pada paruh bagian bawah lebih pudar
  6. Mata melotot
  7. Kepala lebih besar
  8.  Burung lebih lincah

Membedakan jenis kelamin Anis Merah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment