Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, November 23, 2015

Cara Melatih Burung Kacer Bakalan Mandi Keramba


Kacer merupakan burung yang dalam habitatnya hidup di rawa-rawa dan pinggir sungai. Karenanya, ia mempunyai kebiasaan mandi yang berbeda dengan burung lainnya. Ia adalah burung yang suka mandi dengan cara yang unik dan sampai puas. Karenanya, kacer harus dimandikan dalam keramba karena durasi mandinya yang biasanya lama ini. Pun mandi keramba ini bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi burung ini daripada mandi dengan cara disemprot.

Untuk burung bakalan (baca: muda hutan), tentu mandi keramba perlu dilatih sebab di habitatnya burung ini tidak pernah mandi dengan cara seperti ini. Cara melatihnya pun harus dengan sabar sebab kadang kala pada tahap-tahap awal burung benar-benar tidak mau mandi. Namun dengan metode atau cara yang jitu, melatih kacer bakalan biasanya tidak memerlukan waktu yang lama. Karenanya, berikut ini adalah cara yang paling efektif untuk melatih kacer mandi keramba.

Cara pertama
  • Siapkan keramba yang sudah diisi air dengan penuh 
  • Semprotlah burung dalam sangkar harian terlebih dahulu 
  • Hadapkan pintu sangkar dengan pintu keramba yang sebelumnya telah sama-sama dibuka. Pastikan posisi kedua mulut pintu dalam kondisi pas dan rapat. 
  • Biarkan selama beberapa menit, burung akan masuk sendiri. 
  • Jika dalam beberapa menit burung belum mau masuk ke dalam keramba, cobalah untuk membuatnya takut, misalnya memberikan semprotan halus pada burung. Dengan begitu, burung akan merasa takut dan akan mencari perlingungan dengan masuk ke dalam keramba. 
  • Setelah burung masuk, tutuplah pintu keramba dan pindahkan sangkar harian tersebut. Selanjutnya, biarkan burung mandi sampai puas. 
  • Jika misalnya burung mau masuk namun tidak mau mandi, cobalah juga untuk memberikan semprotan halus pada burung agar terangsang untuk mandi.

Cara kedua
  • Caranya sama seperti di atas namun perbedaanya terletak pada cara memasukkan burung ke dalam keramba. AndaJika pada cara yang pertama di atas burung ditakut-takuti supaya bisa masuk ke dalam keramba, maka pada cara yang kedua ini Anda mencoba memberikan umpan berupa jangkrik di keramba supaya burung merasa tertarik. Namun pastikan burung tidak sedang dalam kondisi kenyang sebab jika kenyang metode ini akan percuma karena burung akan sulit pindah ke dalam keramba. 
  • Tunggulah beberapa menit sampai burung masuk ke dalam keramba. Lalu pindahkan sangkar harian dengan menutup pintu keramba terlebih dahulu.
  • Setelah masuk, birakan burung mandi sampai puas. 
  • Jika di dalam keramba burung tidak mau mandi, cobalah cara di atas, ialah memberikan semprotan halus untuk merangsang burung untuk mandi.

Satu dua hari, kemungkinan cara di atas belum membuahkan hasil. Namun semua itu tergantung pada karakter burungnya. Ada burung yang haya sekali coba langsung bisa masuk keramba dan mandi, ada juga yang masih memerlukan waktu. Oleh karena itu, Anda harus telaten dan sabar sebab semuanya memang membutuhkan proses.

Cara Melatih Burung Kacer Bakalan Mandi Keramba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment