Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, November 26, 2015

Undur-undur Bikin Kacer Stabil di Lapangan

Undur-undur merupakan binatang kecil yang hidupnya ketika masih dalam bentuk larva berada di dalam tanah berpasir. Hewan ini mempunyai kebiasaan berjalan yang sangat unik. Jika pada makhluk hidup umumnya kalau berjalan menuju ke arah depan, undur-undur yang dalam bentuk larva ini berjalan dengan cara mundur. Hewan ini biasanya menggali sarang selain sebagai tempat bersembunyi juga sebagai media untuk menjebak semut untuk dimangsa. Ketika ada hewan kecil yang masuk ke dalam perangkapnya ini, hewan ini langsung menangkap dan memakannya.

(gambar: deherba.com)

Hewan yang mempunyai nama latih Myrmeleon Sp ini, selain hidup di darat, ada juga jenis undur-undur yang hidup di laut. Namun umumnya, undur-undur darat lebih banyak dikenal, baik di kalangan masyarakat awam maupun sebagai obat alternatif. Hal ini disebabkan karena undur-undur ini mempunyai khasiat yang sangat baik sebagai obat alternatif untuk penyakit diabetes. Dalam penelitian ditemukan bahwa undur-undur ini mengandung zat sulfonylurea yang mempunyai khasiat untuk melancarkan kerja pankreas sehingga mampu memproduksi hormon insulin dengan maksimal sehingga sangat baik untuk penderita diabetes, terutama Diabetes Melitus tipe 2.

Di luar semua itu, undur-undur ternyata juga bisa mengatasi berbagai keluhan pada burung. Sejauh ini, diketahui bahwa undur-undur mampu mengatasi burung-burung yang tidak mau berbunyi. Undur-undur juga mampu membuat kerja burung Kacer lebih maksimal dan selalu stabil di lapangan. Hal ini disebabkan karena undur-undur mempunyai khasiat meningkatkan stamina burung. Khasiat ini tidak hanya terjadi pada burung Perkutut saja sehingga bisa lebih rajin berbunyi namun juga  pada burung Kacer. Dengan meningkatnya stamina ini, burung Kacer tidak hanya akan berbunyi seperti biasanya namun akan mempunyai performa yang luar biasa.

Pemberian undur-undur pada Kacer ini dibenarkan oleh salah satu pemain Kacer di Madiun. Menurutnya, pemberian undur-undur sejak H-3 mampu mendongkrak performa Kacer biasa menjadi luar biasa. Karenanya, ia selalu memberikan hewan ini pada Kacer kesayangannya mulai H-3 sebanyak 3 ekor. Namun entah apa kandungan yang terdapat dalam undur-undur sehingga mempunyai khasiat yang luar biasa seperti ini, sebab sejauh ini belum ada penelitian yang membahas masalah ini. Penelitian yang dilakukan selama ini hanyalah tentang teketerkaitan antara undur-undur dengan penyembuhan Diabetes. Sedangkan penelitian keterkaitan undur-undur untuk burung belum pernah ada.

Untuk pemakaian undur-undur dalam jangka panjang, secara pribadi kami belum mengetahui secara pasti apakah ada dampak negatif yang akan timbul di kemudian hari. Namun berdasarkan pengalaman yang selama ini dilakukan oleh pemain Kacer asli Madiun tersebut, penggunaan undur-undur tidak menimbulkan masalah apapun. Namun untuk membenarkan hipotesis ini, perlu penelitian atau setidaknya pembuktian atau pernyataan medis dari dokter hewan sehingga bisa meyakinkan Anda untuk menggunakan undur-undur ini untuk Kacer Anda.

Undur-undur Bikin Kacer Stabil di Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment