Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, November 28, 2015

Penjemuran Bisa Mengoptimalkan Power Burung


Berbicara tentang burung berkicau, tentu saja tidak bisa dilepaskan dengan penjemuran. Hal ini disebabkan karena penjemuran mempunyai banyak manfaat yang sangat dibutuhkan oleh burung. Di alam liar, burung biasa berpanas-panasan dan karenanya burung yang dipelihara dan hidup dalam sangkar juga seharusnya mendapatkan sinar matahari. Jika tidak, banyak hal yang akan terjadi pada burung tersebut, terutama kesehatanya. Burung yang tidak pernah dijemur sangat rentan terhadap gangguan kesehatan. Karenanya, tidaklah heran jika ada burung yang dirawat ala kadarnya biasanya kesehatannya tidak begitu bagus.

(gambar: Dok. Gunawan Santoso)
 
Hal yang sangat mencolok dari burung yang tidak dijemur ialah kondisi tubuh burung menjadi gemuk dan bahkan bulu-bulunya mengembang. Karenanya, bukan karena tidak dipolier saja burung menjadi gemuk namun jarang mendapatkan sinar mataharipun burung juga bisa menjadi gemuk. Mengapa bisa demikian? Sinar matahari pada burung dapat membentuk postur tubuh burung sehingga membuatnya lebih langsing. Selain itu, sinar matahari juga dapat membunuh berbagai bakteri, virus, dan kuman yang mungkin ada dalam tubuh burung. Karenanya, burung menjadi lebih sehat dan lincah sebagaimana burung-burung yang hidup di alam bebas.

Penjemuran juga sangat bermanfaat untuk memaksimalkan power pada burung. Tidak hanya pada burung-burung tertentu, manfaat penjemuran ini bisa terjadi pada semua burung. Karenanya, semua burung yang dijemur secara rutin, biasanya akan mempunyai power yang lebih bagus daripada burung yang kurang mendapatkan sinar matahari, apalagi pada burung-burung yang tidak dijemur sama sekali. Namun demikian, penjemuran yang dilakukan harus tepat sebab jika tidak, power burung bukannya akan bertambah keras namun malah pita suara jadi rusak.

Penjemuran yang ideal pada cuaca cerah dan panas ialah tidak lebih dari jam 11 siang dan starnya bisa dimulai kapan saja. Bisa dari jam 07, jam 8, dan sebagainya, tergantung dengan situasi dan kondisi Anda. Mengapa bisa begitu? Sebagaimana diketahui bersama bahwa pada siang hari, sinar matahari tidaklah baik karena banyak mengandung sinar ultraviolet. Jika burung terkena sinar ini apalagi dalam suasana terik yang sangat, burung bisa kehabisan tenaga dan akhirnya mati. Bahaya lainnya adalah bulu burung bisa menjadi rusak dan burung juga berpotensi mengalami trauma. Bahkan bahaya yang lebih ekstrem lagi adalah penjemuran ini bisa merusak pita suara burung. Karenanya, power burung bukan akan menjadi bertambah namun malah menjadi mengecil. Karenanya, perhatikan jam atau waktu jika Anda hendak menjemur burung. Jika Anda merasa kurang atau sedang melakukan terapi jemur pada burung Anda, lebih baik Anda lanjutkan nanti pada jam 2 sore saja karena pada saat itu sinar ultra violet sudah berkurang.

Yang perlu Anda perhatikan supaya penjemuran tidak menjadi boomerang adalah jangan pernah memaksakan durasi penjemuran pada burung. Saat burung sudah terengah-engah kepanasan yang sangat, segera angkat burung dari jemuran. Pada saat dijemur burung memang akan membuka mulutnya sebagai reaksi dari panas yang dilaminya. Namun sepanjang masih berada taraf yang wajar, kondisi ini tidak menjadikan masalah. Justru inilah yang dapat memaksimalkan burung.

Ketika burung sudah diangkat dari jemuran, jangan memasukkan cepuk air terlebih dahulu ke dalam sangkar burung. Lebih baik Anda memasukkan cepuk voer terlebih dahulu, baru beberapa menit kemudian voer boleh dimasukkan namun pastikan burung sudah makan voer tersebut. Hal ini bertujuan supaya lendir yang ada dalam mulut dan tenggorokan burung ikut masuk ke dalam perut sehingga tenggorokan burung dalam kondisi bersih. Hal ini adalah cara yang paling efektif dalam memaksimalkan power burung. Sebab, bukan hanya serak yang mampu diatasi dengan cara ini namun pita suara juga bisa lebih maksimal.

Selamat mencoba.

Penjemuran Bisa Mengoptimalkan Power Burung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment