Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, November 22, 2015

Penjemuran Terpisah Bisa Membuat Pleci Cepat Buka Paruh

Pleci adalah burung koloni yang hidupnya suka bergerombol, karenanya burung ini sangat suka dalam kebersamaan. Ini terlihat dalam kehidupan sehar-hari di habitatnya di mana mereka biasanya kerap kali membentuk gerombolan besar yang terbang ke sana ke mari di tajuk-tajuk pohon. Tidak hanya dengan burung sejenis, Pleci juga kerap kali berbaur dengan burung-burung lain. Ini menunjukkan bahwa betapa burung Pleci ini gemar sekali hidup berkelompok.

Atas dasar kehidupan di habitatnya inilah, maka untuk membuat penampilan Pleci ini lebih maksimal di arena lomba, Plecimania kerap kali mengecas burung ini sebelum digantang. Mereka dipertemukan atau disandingkan dengan burung-burung Pleci lainnya secara berkelompok untuk saling bertemu dan bersahut-sahutan. Hal ini bertujuan supaya birahi Pleci terangkat sehingga ketika digantang burung-burung ini sudah siap bertarung dengan burung lainnya. Hal ini persis sama dengan kebiasaan pada burung Anis Merah di mana satu atau dua sesi sebelum digantang, Anis Merah harus dicas terlebih dahulu. Tujuannya pun sama, supaya kerja burung bisa lebih maksimalkan ketika digantang.

(Gambar: tinokino.com)

Untuk rawatan harian, burung Pleci pun kerap kali digantung secara berdampingan. Hal ini mengingat karakter dasar burung ini yang merupakan burung koloni. Begitu juga saat dijemur, burung mungil ini pun kerap kali dijemur secara berkelompok. Semua ini dilakukan karena bisa membuat burung Pleci lebih cepat gacor, terumata untuk burung-burung Pleci bakalan. Namun ada juga Plecimania yang melakukan penjemuran pada Pleci ini dengan cara terpisah dengan tujuan-tujuan tertentu.

Untuk burung Pleci bakalan yang belum bisa bukpar atau buka paruh, tentu saja penjemuran terpisah sangat penting dilakukan. Sebab hal ini dapat membantu membuat Pleci bisa lebih cepat buka paruh. Mereka akan saling mencari satu sama lain dengan cara sama-sama mengeluarkan nada call yang dilakukan secara terus-menerus sebagai tanda bahwa mereka ingin berkelompok kembali. Mereka berteriak terus-menerus saling panggil dan sepertinya mereka tidak rela jika dipisahkan satu sama lain. Dan mereka baru bisa berhenti setelah mereka dipertemukan kembali. Semua ini dapat membuat Pleci terangsang untuk buka paruh ketika berbunyi. Bahkan jika ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, bisa menjadi kebiasaan kesehariannya.

Untuk itu, jika Anda ingin membuat burung-burung Pleci Anda cepat buka paruh, ada baiknya Anda mencoba melakukan cara di atas. Cobalah setiap harinya burung-burung Pleci Anda dikelompokkan namun saat dijemur dipisah. Namun pastikan, sebelumnya burung sudah diberikan makan sambil dikoloni sehingga ketika dijemur burung sudah dalam kondisi kenyang. Setelah itu, jemurlah secara terpisah dan akan lebih baik lagi jika mereka sampai tidak saling melihat. Biarkan mereka saling berteriak satu sama lain sebab inilah yang akan membuat burung-burung Pleci Anda bisa cepat buka paruh.

Mengenai lama dan tidaknya Pleci Anda bisa bukpar dengan menggunakan teknik ini, semuanya sangat ditentukan oleh faktor genetiknya.Pun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hal ini harus dilakukan secara konsisten. Karenanya, lakukan teknik penjemuran ini tanpa batas waktu. Lakukan sampai burung-burung Pleci Anda benar-benar bukpar dan jangan sampai berhenti sebelum Anda berhasil.

Penjemuran Terpisah Bisa Membuat Pleci Cepat Buka Paruh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment