Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, November 10, 2015

Teknik Pemasteran untuk Membuat Lagu Roll pada Cendet


Setelah membahas teknik memaster untuk membuat lagu tonjolan yang bagus, sekarang akan membahas bagaimana supaya burung andalan Anda bisa ngerol dan mempunyai lagu rol yang bagus. Apa yang dimaksud dengan lagu rol? Rol atau lagu ngerol merupakan kemampuan burung untuk berkicau secara sambung menyambung seolah-olah tanpa terputus. Misalnya: 1-2-3-4-5-6 atau 5-4-3-2-6-1. Kemampuan ini tentunya didukung sepenuhnya oleh teknik pemasteran dan teknik pemilihan suara master atau burung master.

Sebenarnya, untuk membuat burung kesayangan Anda bisa ngerol, tidak perlu teknik yang muluk-muluk. Hal ini disebabkan karena sebenarnya secara alamiah, burung sudah mempunyai bakat ngerol. Namun dengan menggunakan teknik tertentu, diharapkan Anda bisa dengan mudah menyeting lagu-lagu apa saja yang harus dipilih untuk lagu roll burung kesayangan Anda.

Pertama-tama Anda harus memilih jenis suara burung apa saja yang hendak Anda pakai untuk lagu roll. Jangan salah pilih, sebab ini akan menentukan mutu lagu burung Anda. Jangan sampai Anda memilih lagu “mati” sebab meskipun burung Anda bisa membawakannya dengan baik, di arena lomba nanti tidak akan mendapatkan nilai dan bahkan mengurangi poin. Oleh karena itu, pilihlah burung atau suara yang mempunyai tipe ngerol yang bagus dengan lagu “hidup”. Misalnya kolibri, sogok otong, kenari, katkat, dan lain sebagainya. Setelah itu, perkenalkan suara atau burung tersebut pada burung Anda lalu tempelkan setiap hari. Dengan begitu, burung kesayangan Anda niscaya akan bisa menirukan lagu tersebut.

Teknik pemasteran di atas adalah teknik pemasteran menggunakan burung asli. Sedangkan untuk teknik pemasteran menggunakan audio, pemasteran dapat dilakukan dengan cara memutar suara burung yang telah Anda pilih secara bergantian dalam satu waktu. Maksudnya, suara-suara burung master dapat diputar secara berurutan dan bergantian sehingga diharapkan burung dapat menirukannya dengan baik seperti aslinya.

Ada dua tipe lagu roll pada burung, pertama rool berlagu dan tidak berlagu. Suara roll berlagu contohnya adalah suara burung kenari. Sedangkan tipe ngeroll tidak berlagu (hanya naik turun saja misalnya) antara lain adalah suara burung love vird. Dan karenanya, suara love bird ini lebih dikenal dengan suara jenis tembakan. Untuk itu, pilihlah masteran-masteran rol yang cocok dan sesuai dengan selera Anda.

Teknik Pemasteran untuk Membuat Lagu Roll pada Cendet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment