Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, November 7, 2015

Tren Suara Master untuk Cendet Lomba

Perlu diketahui bahwa memaster burung tidak hanya asal memilih suara atau burung yang bagus dan indah, namun harus disesuaikan dengan karakter burung yang akan dimaster, terutama dalam masalah karakter suara. Hal ini bertujuan agar burung yang akan dimaster dapat dengan mudah menirukan suara master dengan baik dan mencegah terjadinya rekaman yang buruk pada burung, seperti lagu menjadi fals dan putus-putus. Sebagai contoh, cendet dimaster dengan suara love bird karena suara love bird selaras dengan suara cendet.


 (gambar: archive.kaskus.co.id)

Jika dalam memaster burung Anda menggunakan media elektronik, hati-hati dalam memilih masteran. Sebab, media ini kerap kali melahirkan materi-materi yang kurang sesuai dengan materi asli yang sebenaranya karena biasanya merupakan hasil rekaman. Dan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa hasil rekaman, suara yang dihasilkan karap kali berbeda dengan suara aslinya. Karenanya, pilihlah masteran yang benar-benar bagus dan jernih untuk menghasilkan materi yang juga bagus.

Pun dalam memilih suara atau burung master pun tidak sembarang. Anda harus update dan juga harus mengikuti tren yang berkembang sesuai zaman dan daerah. Karena tidak bisa dipungkiri dari zaman ke zaman tren suara master terus bergeser dan juga setiap daerah mempunyai trennya sendiri-sendiri. Contohnya, dulu, di daerah jawa burung dengan isian gereja dan love bird panjang sudah bisa dibilang sebagai burung yang bagus. Namun berbeda di Madura dan Jawa Timur bagian timur seperti Bondowoso, banyuwangi, Jember, Situbondo, dan Lumajang, materi cendet harus dilengkapi dengan materi kuntilanak. Dan seiring dengan perkembangan waktu, materi ini pun diterima di daerah jawa dan bahkan materi kuntilanak ini juga menjadi tren saat ini.

Karenanya, dalam memaster burung Anda harus mengikuti tren dan selalu update. Sebab, cendet dengan materi yang tidak update biasanya akan “ditinggalkan” oleh cendet mania. Namun sepanjang materinya bagus, tentu saja ini sebagai nilai plus sehingga burung tersebut tetap layak mendapatkan koncer dalam sebuah kontes.

Tren Suara Master untuk Cendet Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment