Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, December 22, 2015

Ciri-ciri Trotol Cendet Madura

Pada artikel sebelumnya, Ciri Cendet Madura: Membedakan Cendet Madura dengan Cendet Lainnya telah dibahas mengenai ciri cendet Madura dewasa. Kali ini akan dijelaskan mengenai ciri cendet Madura saat masih trotol atau anakan. Sebagaimana cendet dewasa, cendet trotol ini banyak dicari oleh cendet mania dan mereka membutuhkan referensi yang tepat tentang ciri trotol cendet Madura. Sebab tidak bisa dipungkiri, sering kali ada bakul cendet yang curang di mana mengaku cendet trotolnya sebagai cendet Madura padahal sebenarnya bukan. Hal ini dilakukan untuk mendrongkrak nilai jualnya karena pada umumnya cendet Madura sekarang ini memang sangat mahal.

Sebenarnya hampir tidak bisa dibedakan antara trotol cendet yang berasal dari Madura dan yang bukan. Sebab, jika dilihat sepintas, semua cendet trotol dari daerah manapun hampir sama, baik dari segi warna bulu maupun postur. Cendet Madura tidak semua berpostur kecil, begitu juga dengan cendet dari daerah lain, tidak semua berpostur besar. Semua ini sangat bergantung terhadap jenis dari indukannya masing-masing.

(gambar: triyonokempoel.doc)
Trotol cendet pada umumnya hampir seluruh badan berbulu cokelat dengan bintik-bintik hitam. Ketika berusia 3 bulan, bulu-bulu cendet yang coklat ini akan berjatuhan dan berganti bulu baru, ialah bulu dewasa. Jika bulu tersebut di daerah dada, maka akan berganti bulu putih dengan kedua belahan cokelat pekat atau tipis. Sedangkan jika bulu tersebut daerah punggung, maka akan berganti abu-abu dan cokelat. Begitu juga dengan bulu sayap, akan berganti menjadi hitam dengan slip putih di tengahnya.

Lalu pertanyaanya, jika memang saat masih trotol semua cendet dari daerah manapun memiliki kesamaan yang sangat identik, bagaimana cara Anda membedakan trotol cendet Madura ini agar tidak tertipu oleh bakul nakal? Sebenarnya, jika Anda pernah datang langsung ke Madura atau setidaknya pernah memelihara trotol cendet Madura asli, Anda akan bisa dengan mudah membedakan secara langsung. Anda akan bisa menebak mana cendet Madura asli dan mana yang bukan. Sebab, cendet Madura sekalipun masih trotol sangat khas dan ini sama sekali berbeda dengan cendet daerah lain. Karenanya, jika Anda ditunjukkan untuk menebak dan membedakan dua jenis cendet trotol mana yang dari daerah Madura, Anda tidak akan kesulitan karena Anda sudah mempunyai referensi yang tepat.

Lalu bagaimana jika Anda masih awam? Ciri trotol cendet Madura sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cendet Madura dewasa. Namun setidaknya, ciri trotol cendet Madura dapat dirumuskan sebagai berikut.

— Badan kecil langsing
Trotol cendet Madura pada umumnya mempunyai postur tubuh yang lebih kecil dari cendet daerah lain. Badan cendet juga terlihat langsing alias tidak kembung seperti halnya cendet-cendet lain (seperti cendet lokal Jawa) yang sering ditemui di pasar-pasar burung.

— Postur tubuh panjang, ekor juga panjang
Saat masih trotol, cendet Madura memang sudah terlihat bagus. Badan yang langsing memanjang, membuat mata terasa sangat indah ketika melihatnya. Tidak hanya badan, ekor cendet Madura juga cenderung panjang. Karenanya, jika dilihat secara keseluruhan, badan cendet Madura mempunyai tubuh super panjang.

— Kepala pipih dan tampak memanjang
Trotol cendet Madura juga memiliki kepala yang pipih sehingga jika dilihat, bentuk kepala burung cenderung memanjang. Ditambah dengan paruh yang panjang, membuat trotol cendet Madura ini sangat khas.

— Tatapan mata tajam
Tatapan mata cendet Madura sekalipun masih trotol biasanya sudah terlihat bagus. Matanya ketika menatap tidak seperti tatapan kosong namun sangat tajam. Hal ini terlihat sangat sangar dan fighter.

Demikian ciri khas yang dimikili oleh cendet Madura yang mungkin bisa Anda jadikan panduan ketika hendak memilih cendet Madura. Ciri di atas memang tidak sepenuhnya benar namun paling tidak sangat mendekati. Sebab, ada kalanya cendet dari daerah lain juga mempunyai ciri fisik yang hampir mirip dengan cendet Madura. Karenanya, Anda perlu lebih teliti jika hendak memilih atau sedang ditawari trotol cendet Madura.

Ciri-ciri Trotol Cendet Madura Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment