Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, December 7, 2015

Dicas dengan Betina, Murai Batu Bisa Bongkar Materi Maksimal di Lapangan

Salah satu masalah yang sering terjadi pada Murai Batu, utamanya pada burung-burung yang baru mengenal gantangan, adalah burung tidak mau bongkar isian. Kadang burung hanya diam saja sambil garuk-garuk dan didis atau loncat-loncat dari pangkringan ke pangkringan. Kalaupun mau bertarung, kadang kala burung seperti ini tidak mengeluarkan isian secara maksimal padahal tentu saja di rumah saat sendirian bisa bongkar materi full.

(gambar: youtube.com)

Kondisi seperti ini bisa dialami oleh burung apa pun yang baru belajar bermain di lapangan, termasuk Murai Batu ini. Namun lama kelamaan, setelah Anda beberapa kali menggantangnya ke lapangan, perilaku demam panggung ini biasanya akan hilang dengan sendirinya karena burung sudah mulai bisa menguasai lapangan. Tetapi ada kalanya, dalam beberapa kasus, masalah ini sangat sulit diatasi. Sekalipun sudah sering dilatih, Murai Batu tetap tidak mau mengeluarkan materinya.

Bagi beberapa orang, mungkin hal ini menjadi masalah besar, sebab kesannya Murai Batu seperti ini cenderung sebagai burung yang tidak mempunyai mental dan cocoknya jadi burung rumahan saja. Pasalnya, saat kesehariannya di rumah, burung selalu memuntahkan materinya dengan power yang sangat edan, namun setelah mencoba ditrek di lapangan, malah gembos. Burung tidak bisa berkutik apalagi melawan musuh-musuhnya dengan kicauan yang tajam di mana biasa lawan-lawannya akan memuntahkan materi burung cililin dan gereja dengan keras dan tajam.

Sebenarnya, Murai Batu yang mengalami hal seperti ini tidak lain karena birahi burung yang belum menemukan titik puncaknya sehingga dia tidak mau bertarung apalagi bongkar materi. Ketika burung berada pada titik birahi yang ideal, burung Murai Batu dengan sendirinya akan mengeluarkan materinya dengan baik karena burung akan ngotot. Karenanya, cara yang paling utama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi Murai Batu Anda ini adalah membuat birahinya berada pada level yang ideal.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan birahi burung Anda adalah mengecasnya dengan Murai Batu betina. Arti mengecas di sini ialah di mana antara Murai Batu jantan yang disiapkan untuk kontes dipertemukan dengan Murai Batu betina. Dengan cara seperti ini, birahi Murai Batu akan naik karena melihat murai betina tersebut. Kondisi birahi yang naik ini tidak akan lantas hilang begitu saja setelah Murai Batu betina dipisahkan. Bahkan dengan dipisah seperti ini, burung Murai Batu jantan biasanya birahinya akan semakin naik karena penasaran dan mencari murai betina tersebut dengan cara ngoceh yang kunjung berhenti.

Pengecasan ini sebenarnya adalah sebuah pancingan supaya burung Murai Batu jantan bisa birahi. Pengecasan ini pun bisa dilakukan sebelum Anda menggantang atau mengetrek burung tersebut. Anda bisa melakukannya dengan cara mengecasnya di rumah sebelum berangkat ke latberan atau membawa betina ke lapangan supaya ketika satu sesi sebelum Murai Batu naik gantangan, Anda bisa mengecasnya. Hasil ini tentu saja lebih baik daripada cara pertama, namun agak repot karena Anda harus membawa dua burung.


Dicas dengan Betina, Murai Batu Bisa Bongkar Materi Maksimal di Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment