Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, December 13, 2015

Diumbar di Luar Setiap Hari, Pleci Bakalan Lebih Cepat Jadi


Ada sebuah kisah yang dituturkan oleh seorang teman. Ada seorang penghobi burung yang baru saja membeli Pleci bakalan di kios atau pasar kadang kala tanpa sengaja mnempatkan burung mungil ini di teras rumah bersama Pleci-pleci lainnya. Burung itu dibiarkan di situ setiap hari dan tidak pernah dimasukkan ke dalam rumah. Tetapi sesekali burung itu ditempatkan di bawah rindang pepohonan di depan dan samping rumah untuk dinikmati nyanyiannya. Hanya itu yang dia lakukan namun tentu saja setiap harinya sang penghobi menjaga makan dan minumnya sehingga Pleci hanya mendapatkan perawatan ala kadarnya.

Tanpa disadari, burung Pleci yang dipelihara ala kadarnya ini ternyata bagus. Burung ternyata sudah mampu membawakan lagu dengan bagus dan bahkan bisa buka paruh dengan lebar. Burung itu juga gacor siang malam meskipun kadang tanpa EF sama sekali. Tentu saja hal ini menjadi sejarah tersendiri bagi sang penghobi sebab dia yang tidak pernah tau bagaimana cara memperlakukan Pleci bakalan ternyata hasil rawatannya lebih dari sekedar memuaskan. Namun melihat hal ini, dalam hati kecil teman saya timbul pertanyaan, bagaimana Pleci Sang penghobi bisa menjadi sebagus itu, faktor bawaan burung atau perawatan?

Dibilang karena faktor bawaan, tentu saja Sang penghobi tidak begitu paham bagaimana cara memilih Pleci yang bagus sehingga kemungkinannya sangat kecil Sang penghobi bisa memilih Pleci yang prospek. Namun jika dibilang karena faktor rawatan, tentu saja juga bukan sebab burung itu tidak pernah mendapatkan rawatan yang baik. Burung itu sehari-harinya hanya dibiarkan di teras rumah, baik siang maupun malam, baik hujan maupun panas.

Menyimak penuturan teman saya itu, saya menanggapinya dengan biasa-biasa saja bahkan saya tidak terkejut sama sekali. Sebab, saya bisa memahami apa sebenarnya yang tengah terjadi pada Pleci Sang penghobi itu. Meskipun jawaban saya mungkin tidak benar 100%, namun tentu saja sangat referensial.

Burung Pleci adalah burung yang hidupnya berkoloni. Burung ini juga sangat menyukai air dan bahkan suasana alam. Karenanya, tidaklah mengherankan jika Pleci yang dirawat dengan baik di dalam rumah dan hanya sesekali dikeluarkan gacornya agak lambat. Hal ini berbanding terbalik dengan Pleci yang dibiarkan di luar rumah sehingga sangat akrab dengan alam, apalagi dengan suasana yang tenteram dan tenang, membuat Pleci serasa ada di habitatnya.

Mengapa burung Pleci yang dibiaarkan di luar atau teras rumah bisa lebih gacor atau jadi daripada Pleci yang hanya digantung di ruang tamu? Semua itu sepenuhnya sangat dipengaruhi oleh suhu alamiah yang sangat sesuai dengan naluri Pleci. Di hidup di luar rumah, burung akan hidup dengan tenang, tidak pernah gerah, dan istirahat pun menjadi tenang sehingga kebutuhan tidurnya terpenuhi setiap hari.

Persoalan angin yang konon membuatnya dingin, sebenarnya hal itu tidak menjadi persoalan serius. Sebab, burung mempunyai bulu yang bisa melindunginya dari dingin. Apalagi burung memang mempunyai kemampuan menjaga suhu saat berada alam sehingga burung tidak akan merasa kedinginan hanya karena sehari-harinya ditaruh di luar. Kecuali sedang terjadi hujan deras dan tidak berhenti sepanjang hari sehingga menyebabkan banjir, tentu saja hal ini beda persoalan.

Soal perawatan yang ala kadarnya, itu sebenarnya sudah cukup. Sebab, burung Pleci adalah burung yang perawatannya simpel dan tidak neko-neko. Burung hanya perlu disediakan pisang, vor, dan minum, tidak kurang dan tidak lebih. Jika Anda menambahkan menu makananannya, berarti itu nilai plus yang bisa membuat Pleci lebih bagus. Namun dengan catatan, tambakalan menu dimaksud bukan doping yang biasanya diberikan supaya Pleci tampil bagus dengan cara instan.

Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa kondisi alamiah itulah yang membuat Pleci cepat jadi. Burung sehari-harinya serasa hidup di alam sehingga naluri alamiahnya lebih cepat terpancing keluar sehingga burung menjadi lebih gacor dan tampil bagus. Untuk itulah, sepanjang tempat Anda aman, baik dari maling, tikus, dan hewan-hewan buas lainnya, Anda sangat disarankan untuk menempatkan Pleci bakalan di luar rumah. Luar rumah dimaksud dalam konteks ini ialah bisa berupa teras rumah dengan atap genting, asbes, atau seng. Luar rumah juga dapat berarti tempat khusus seperti polier di kebun. Selain itu, luar rumah juga dapat berarti di bawah pohon baik di depan maupun samping rumah.

Penempatan burung Pleci di tiga area tersebut sangat disarankan sebab ketiganya adalah tempat alami yang sangat cocok untuk perkembangan Pleci. Bukan hanya masalah mental yang mendapatkan rangsangan namun juga kicauannya. Karenanya, pelci bakalan yang selalu diumbar atau ditempatkan di luar rumah akan lebih cepat jadi daripada pelci yang hidupnya hanya di dalam rumah, sekalipun dengan rawatan yang baik. Namun demikian, usahakan Anda tidak hanya memelihara satu Pleci karena Pleci Anda yang hidup di luar rumah juga butuh teman untuk saling sahut-sahutan. Hal ini juga bisa membantu merangsang Pleci untuk segera bunyi.


Diumbar di Luar Setiap Hari, Pleci Bakalan Lebih Cepat Jadi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment