Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, December 30, 2015

Mengatasi Cendet Macet Mabung

Mabung pada burung berkicau adalah siklus tahunan karena terjadinya hanya terjadi sekali dalam setahun. Namun karena satu dan lain hal, ada kalanya mabung pada cendet terjadi lebih sering, antara dua hingga tiga kali dalam setahun. Ini tentu saja menjadi masalah serius yang bisa membuat cendet tidak bisa tampil maksimal dalam kontes karena burung selalu dalam kondisi masa mabung yang tidak berkesudahan. Sedangkan masa mabung sendiri membutuhkan waktu yang tidak sedikit, antara 2—4 bulan.

Problem lainnya adalah di mana mabung yang terjadi bisa berhenti tanpa sebab yang jelas, sebelum semua bulu tua lepas. Burung tiba-tiba tidak menjatuhkan bulu-bulunya lagi dan ini jika tidak segera diatasi dengan baik bisa menjadi masalah yang lebih serius lagi. Pasalnya, burung cendet yang mabung tidak tuntas kerap kali penampilannya menjadi buruk. Burung tidak bisa tampil dengan maksimal, baik dengan cara ngetem, munting-munting ga karuan, dan perilaku buruk lainnya.

Ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan jika Anda mempunyai burung cendet yang mengalami macet mabung. Trik ini dibuat untuk membantu merontokkan bulu-bulu cendet supaya mabung burung kembali berlanjut. Beberapa trik dimaksud ialah sebagai berikut.

— Full kerodong
Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah mengerodong burung seharian full. Kerodong hanya dibuka saat memberikan pakan dan membersihkan kotoran. Hal ini dimaksudkan supaya burung berada dalam suasana yang sangat tenang sehingga proses rontok bulu kembali berlanjut.

— Dropkan
Burung cendet yang mengalami macet mabung bisa diatasi dengan cara dibuat drop. Caranya adalah hentikan pemberian ekstra foding (EF), baik berupa jangkrik maupun kroto. Pemberian EF kadang kala membuat bulu burung bisa segar kembali sehingga akan lebih sulit untuk rontok.

— Tingkatkan pemberian EF
Jika didropkan tidak bisa, Anda bisa menaikkan pemberian EF. Berikan EF loss dan tanpa batas sebab ini kadang kala bisa membantu merontokkan bulu-bulu burung. Pemberian EF seperti ini baru diturunkan setelah bulu tua pada burung sudah tuntas.

— Jauhkan dari burung sejenis
Cendet bisa mengalami macet mabung jika kondisi birahi naik dan ingin bertarung terus yang biasanya diakibatkan oleh adanya rangsangan dari suara kicauan burung sejenis. Meski mabung, ada sebagian cendet yang ngotot dan ingin bertarung jika mendengar suara burung sejenis. Karenanya, jauhkan cendet yang mabung tersebut dari burung-burung sejenis. Selain hal ini membantu menuntaskan mabung, menjauhkan cendet dari cendet lainnya bisa membantu memaksimalkan masteran yang Anda lakukan.

— Mandi sauna
Mandi sauna adalah alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi cendet yang sedang macet mabung. Mandi sauna ini bisa membantu merontokkan bulu-bulu cendet karena mempunyai efek lembab yang dapat melebarkan pori-pori cendet. Akibatnya, bulu bisa berjatuhan lagi dan cendetpun kembali melanjutkan mabungnya.

— Berikan susu bubuk
Meski belum jelas seperti apa cara kerjanya, sudah banyak yang membuktikan bahwa susu bubuk bisa membantu merontokkan bulu-bulu tua pada cendet. Karenanya, susu bubuk ini bisa diberikan pada cendet yang mengalami macet mabung. Caranya adalah campurkan sedikit susu bubuk bersama voer lalu berikan pada cendet. Pemberian susu ini dihentikan jika bulu burung sudah tuntas. Dan ingat, takaran susu tidak boleh berlebihan karena bisa mengakibatkan burung menjadi mencret.


Mengatasi Cendet Macet Mabung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment