Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, December 11, 2015

Mengenal Ciri Cucak Hijau Siap Lomba

Cucak Hijau adalah burung semi fighter yang dalam even burung berkicau termasuk ke dalam kelas burung begengsi. Burung ini banyak peminatnya di mana salah satunya dikarenakan burung ini mempunyai gaya tarung yang unuik dan eksotis. Jika pada Kacer gaya tarung yang ditunjukkan adalah buka ekor dan ngobra, pada Cucak Hijau adalah ngentrok atau jabrik dan jambul. Dalam hal ini, sayap burung dalam kondisi sedikit mekar, posisi ekor turun hingga nyaris menyentuh pangkringan, dengan kondisi bulu kepala berdiri.

Dalam melatih dan melombakan burung Cucak Hijau ini, banyak keluhan yang biasanya dialami oleh kicau mania. Burung tidak mau fighter padahal stelan tentu saja sudah tinggi. Burung tidak mau kerja di lapangan, loncat dari satu pangkrigan ke pangkringan lain, atau bahkan kadang kala hanya didis. Mental fighternya nyaris tidak ada karena burung tidak memberikan respon apapun pada lawan-lawannya.

Ada pula, burung Cucak Hijau bisa saja langsung bertarung saat digantang di lapangan namun kerap kali tidak bisa tampil maksimal. Burung kadang kala hanya gacor di awal namun lama kelamaan banyak ngetem. Burung dengan penampilan seperti ini tentu saja akan sangat sulit mendapatkan bendera nominasi dalam sebuah kontes burung berkicau, kecuali pesertanya memang tidak ada yang bagus.

Menanggapi masalah ini, banyak orang yang beranggapan bahwa burung Cucak Hijau seperti itu disebabkan karena burung tersebut adalah semi fighter. Untuk mengeluarkan  fighternya, memang sangat susah. Karenanya, perawatan dan stelan burung ini memerlukan kesabaran yang penuh. Burung bisa saja saat di rumah gacor dor namun setelah digantang, burung hanya saling pandang dan tidak mau memberikan respon yang baik pada musuh-musuhnya.

Menurut hemat saya, Cucak Hijau tidak mau tarung atau tidak bisa tampil maksimal bukan semata-mata disebabkan karena burung tersebut semi fighter. Kondisi burung yang belum siap turun lapangan ikut menentukan kinerja burung saat digantang. Karenanya, teliti dan amatilah burung Anda terlebih dahulu sebelum Anda membawanya ke lapangan. Apakah burung Anda sudah siap lapangan dan top form (kondisi puncak) atau belum. Burung Cucak Hijau dengan kondisi siap lapangan dan top form, sangat mungkin untuk mendapatkan bendera nominasi. Sebab, ketika burung sudah siap dan top form, burung bisa tampil dengan maksimal di lapangan.

Bagi Anda yang belum mengetahui seperti apa kondisi burung yang siap lapangan dan top form, simak penjelasan berikut.

— Selera makan naik
Burung dalam kondisi top form, selera makannya bisa naik dua kali lipat, bahkan kadang bisa lebih. Karenanya, burung dengan kondisi ini, cenderung akan banyak makan. Jika biasanya Anda memberikan setelah jangkrik 5/5 pagi dan sore, diberikan dengan porsi dua kalipat pun tetap akan dimakan sampai habis.

— Super gacor
Burung Cucak Hijau top form tentu saja ia akan gacor dor. Namun gacor dimaksud bukan dia sering bunyi saat sendirian di rumah dan tidak ada orang. Gacor dimaksud di sini ialah saat sendirian burung akan langsung berbunyi saat kerodong dibuka. Burung akan langsung perfom dengan gaya khasnya, ngentrok jambung.

—Ada beberapa bulu halus lepas
Ketika Cucak Hijau sudah menunjukkan performa demikian, segeralah kondisikan untuk persiapan lapangan. Naikkan porsi ekstra foding dari setelan harian untuk mendongkrak birahi dan tanaga burung. Pada saat itu, burung kadang kala menjatuhkan bulu-bulu halus namun ini sama sekali bukan nyulam ataupun ngurak. Biasanya lepasnya bulu ini terjadi pada H-3 sebelum digantang.

—Saat dibuka kerodong langsung nyanyi
Sesampainya di arena lomba, burung Cucak Hijau top form biasanya akan langsung ngetrok kalau kerodong dibuka. Kondisi ini kadang kala langsung diimbangi dengan suara atau materi-materi tembakan.

Demikian beberapa ciri dari burung Cucak Hijau siap lomba dan dalam kondisi top form. Namun begitu, jangan berhadap burung Anda akan langsung menang meskipun sedang dalam kondisi top form. Sebab, kadang kala ada faktor luck yang tidak bisa dijelaskan dengan bahasa apapun. Tetapi paling tidak, Anda sudah melihat performa burung Anda yang berbeda dari biasanya.

Mengenal Ciri Cucak Hijau Siap Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment