Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, December 6, 2015

Mengenal Ciri dan Solusi Mengatasi Kacer Mbagong karena Over Birahi

Ada banyak kacer mania yang berujar, “kalau tidak mbangong, berarti bukan kacer”. Perkataan ini tentu saja ada benarnya karena kualitas kacer mbangong memang kadang kala lebih unggul dari kacer yang tidak mbangong. Kacer yang tidak mbagong biasanya kicauan atau materinya monoton. Hal ini berbeda dengan kacer yang mbagong di mana kicauannya biasanya lebih variatif.

Beberapa perilaku kacer OB
Kacer mbagong bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena terlalu panas atau over birahi. Over birahi seperti ini disebabkan karena stelan EF yang terlalu kencang atau penjemuran yang terlalu lama. Kedua hal ini bisa menaikkan emosi dan tensi kacer sehingga birahinya memuncak, melebihi batas normalnya.

(gambar: .kicaumania.or.id)

Stelan EF yang terlalu kencang di sini dapat diartikan sebagai pemberian jangkrik yang terlalu banyak, melebihi takaran menu hariannya. Selain itu, pemberian kroto yang terlalu banyak apalagi diberikan setiap hari, juga bisa membuat birahi kacer sudah dikendalikan. Akibatnya, penampilan burung kacer bukan menjadi tambah bagus saat di lapangan namun malah sebaliknya. Kacer yang over birahi, biasanya akan menyerang musuhnya saat digantang bahkan juga bisa mbagong.

Perilaku kacer yang mbagong karena over birahi sangat berbeda dengan mbagong karena penyebab lain. Dalam hal ini, ketika ditrek, kacer awalnya bisa langsung main aktif, ngobra, dan buka ekor. Namun demikian, kacer over birahi ini kadang kala menunjukkan perilaku negatif seperti ingin menerkam lawan-lawan yang ada di dekat atau sampingnya. Setelah beberapa waktu, kacer akan berubah sikap dan mbagong. Setelah mbagong, kacer over birahi akan normal kembagi dan main ful lagi, namun kemudian akan mbagong lagi. Perilaku ini kadang kala ditunjukkan sampai penilaian juri selesai.

Solusi jitu yang harus Anda lakukan
Jika Anda mendapati kacer dengan perilaku seperti di atas, itu pertanda bahwa mbagong kacer Anda sangat mungkin dipengaruhi oleh tingkat birahi yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, Anda harus segera memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini supaya kacer Anda bisa tampil maksimal.

Adapun solusi yang harus Anda lakukan terdiri dari 3 langkah. Pertama, kurangi pemberian Ef. Jika pada persiapan gantang atau lomba Anda memberikan porsi jangkrik 10 ekor pagi sore, Anda bisa menguranginya menjadi 7 ekor pagi dan sore. Pun misalnya Anda memberikan kroto, ada baiknya juga diturunkan porsinya atau malah dihentikan sama sekali. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat birah kacer hingga ketemu menu yang pas untuknya.

Selain mengurangi porsi EF, penjemruan pada kacer over birahi ini dikakukan secukupnya saja. Anda tidak perlu berlama-lama menjemur kacer hingga 2 jam setiap harinya, cukup setengah hingga satu jam saja. Namun demikian, hal ini tentu saja sangat bergantung dengan cuaca. Jika pada cuaca kemarau yang sangat terik, setengah jam penjemuran sudah cukup. Yang penting kebutuhan kacer terhadap sinar matari sudah terpenuhi, Anda bisa segera mengangkatnya dari jemuran.

Cara lain yang mesti Anda lakukana adalah mandi malam. Mandi malam ini sangat membantu menurunkan tingkat birahi burung, termasuk burung kacer yang sedang birahi ini. Karenanya, lakukan mandi malam secara rutin selama burung mengalami over birahi. Namun kondisi cuaca harus menjadi pertimbangan yang sangat penting. Jangan lakukan mandi malam jika dalam kondisi hujan deras sebab dikhawatirkan burung mengalami kedinginan yang sangat. Hal ini dapat menurunkan kesehatan burung dan bahkan bisa menjadi penyebab kematiannya.


Mengenal Ciri dan Solusi Mengatasi Kacer Mbagong karena Over Birahi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment