Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, December 2, 2015

Cendet Selesai Mabung Suaranya Mengecil, Normalkah?

Burung mabung adalah suatu kondisi di mana sedang terjadi peremajaan dalam tubuhnya. Tidak hanya masalah bulu, peremajaan terjadi dalam segala aspek seperti mental dan materi (isian). Karenanya, bisa diibaratakan, burung yang selesai mabung adalah burung yang “terlahir kembali”. Untuk itulah, banyak kicau mania yang merasa burung mereka perlu mabung jika terjadi masalah dengan cendet, terutama dalam masalah performanya di lapangan. Bahkan mereka juga akan menangguhkan burung trobel tersebut sampai masa mabung karena setelah setelah itu biasanya ada perubahan besar yang akan terjadi dengannya.


Karena mabung adalah masa peremajaan pada cendet, maka secara otomatis sedang terjadi suatu perubahan yang revolusioner dalam diri cendet. Burung dalam kondisi mabung dapat diibaratkan seperti dalam keadaan sakit dan karenanya perlu diistirahatkan dengan baik. Bahkan yang paling penting, cendet mabung harus mendapatkan perawatan yang lebih dari biasanya karena ini sangat krusial untuk masa depannya. Jika tidak, berbagai problem bisa saja terjadi selama proses mabung seperti mabung tidak tuntas dan tidak adanya perubahan yang signifikan setelahnya.

Mabung tidak tentas adalah masalah umum yang sering terjadi pada burung cendet, utamanya burung-burung yang sebelumnya dirawat dengan full ekstra foding atau sering dijemur dengan berlebihan. Selain itu, mabung tidak tuntas juga bisa terjadi karena salah perawatan saat mabung. Misalnya, selama mabung burung dirawat seperti hari-hari biasa, mandi setiap hari dan jemur juga setiap hari. Perawatan seperti ini bisa menjadi masalah jika dilakukan saat cendet dalam proses mabung. Guyuran air dan cahaya matahari bisa menguatkan bulu-bulu tua cendet yang pada akhirnya membuatnya mengalami macet mabung sehingga tidak tuntas.

Permasalahan yang sering terjadi setelah cendet selesai mabung adalah mengecilnya suara cendet. Bisa jadi, sebelum mabung cendet mempunyai power dan volume yang sangat dahsyat, namun setelah mabung kadang kala terjadi penurunan pada power maupun volume. Dan ini merupakan masalah yang sering dikeluhkan oleh cendet mania dan melihat ini mereka sangat kebingungan. Padahal jika Anda mau berpikir logis, kondisi power maupun volume yang mengecil setelah selesai mabung ini, adalah hal yang wajar.

Seperti telah dijelaskan bahwa cendet mabung adalah suatu kondisi di mana cendet sedang sakit. Karenanya, cendet akan kehilangan tenaga hingga 45% dari kondisi normal, pada saat sebelum mabung. Begitu juga dengan power dan volume cendet, juga akan menurun karena dipengaruhi oleh tenaga cendet yang sedang berkurang tersebut.

Setelah cendet selesai mabung, burung predator tersebut memerlukan waktu untuk memulihkan tenaga supaya bisa kembai 100%, termasuk di dalamnya power dan volume. Jika perawatan yang Anda berikan tidak begitu bagus dan bahkan mungkin keliru, tentu saja waktu pemulihan ini akan memakan waktu yang sangat lama dan power dan volume burung pun tidak akan kunjung stabil. Namun jika Anda memberikan perawatan yang baik, tentu saja hanya memerlukan waktu dua hingga tiga pekan, terhitung setelah burung mabung.

Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa kondisi power dan volume cendet yang menurun setelah burung selesai mabung adalah kondisi yang normal. Ini juga sebagai pertanda bahwa burung cendet Anda belum fit akibat kondisi mabung yang baru dilaluinya. Nah, supaya burung cendet cepat berada dalam kondisi fit berikut power dan volume kembali keras, burung memerlukan perawatan yang sangat tepat. Untuk itu, rawatlah cendet Anda dengan baik, mandikan dan jemur secara bertahap dan teratur. Berikan pula ekstra foding sesuai dengan kondisi cendet.

Dengan melakukan rawatan seperti di atas, Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk membuat cendet Anda berada dalam kondisi fit. Dalam waktu yang relatif singkat, power dan volume cendet Anda akan kembali ke level sebelumnya. Namun begitu, hal ini tentu saja memerlukan kesabaran dan ketelatenan yang ekstra. Tanpa itu semua, Anda tidak akan bisa merubah kondisi cendet Anda menjadi lebih baik. Bisa-bisa Anda malah akan membuat kondisi cendet tersebut bertambah buruk.


Cendet Selesai Mabung Suaranya Mengecil, Normalkah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

2 komentar:

Mang yayi jaba widhiartha said...

judul sama isi tidak nyambung. lalu apa hubungannya cicak dengan cendet seperti dalam judul diatas?

leo sayoga said...

maaf om, ada kesalahan teknis. terima kasih sudah memberikan koreksi....

Post a Comment